Mahasiswa Bina Trada Kunjungi Balkesmas Ambarawa

65
DISKUSI BERSAMA MAHASISWA: Staff Balkesmas wilayah Ambarawa dan mahasiswa Politeknik Bina Trada berdiskusi tentang froud dalam pelayanan kesehatan. (IST)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Sejumlah mahasiswa Politeknik Bina Trada, Semarang, hari Jumat (12/7/19) melakukan kegiatan di Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Ambarawa. Para mahasiswa itu melakukan praktik kegiatan, dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah promosi pendidikan anti korupsi untuk pegawai Balkesmas wilayah Ambarawa. Kedatangan mahasiswa Politeknik Bina Trada, Semarang itu disambut Kasubag Tata Usaha (TU), Bambang Supangkat.

“Ini sangat bermanfaat bagi kami, karena apa yang disampaikan adik-adik mahasiswa ini terkait dengan korupsi dengan froud di pelayanan kesehatan yang kebanyakan up coding, sehingga kemungkinan salah klaim,” tutur Bambang Supangkat saat menerima kedatangan mahasiswa.

Kegiatan mahasiswa Politeknik Bina Trada Semarang itu kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara mahasiswa dan staff Balkesmas wilayah Ambarawa, terkait upaya-upaya pencegahan korupsi. Sejak berlakunya Jaminan Kesehatan Nasional, potensi fraud dalam layanan kesehatan makin sering muncul di permukaan.

Dalam diskusi itu juga terungkap, potensi muncul dan bisa semakin meluas karena adanya tekanan dari sistem pembiayaan yang baru berlaku di Indonesia, adanya kesempatan karena minim pengawasan, serta ada pembenaran saat melakukan tindakan ini. Mahasiswa Politeknik Bina Trada menyepakati, fraud layanan kesehatan, tidak hanya dapat merugikan anggaran kesehatan, tapi juga berpotensi menurunkan mutu layanan kesehatan.

Sementara itu, menurut Kasubag TU Balkesmas wilayah Ambarawa, Bambang Supangkat mengatakan, kunjungan tersebut merupakan upaya pihaknya dalam membantu mahasiswa Politeknik Bina Trada, yang memang bidang ilmunya tak jauh dari tugas pokok Balkesmas wilayah Ambarawa, yakni memberikan pelayanan dan peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah kerja Balkesmas Ambarawa. (sls/web/ap)