ACT Siap Salurkan 100 Ribu Kambing, Targetkan 7,5 Juta Penerima

266
PERSIAPAN QURBAN: Ribuan kambing siap di distribusikan saat Idul Qurban, di Lumbung Ternak ACT di Sambong, Kabupaten Blora. (ADENNYAR WYCAKSONO/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, BLORA – Mendekati Idul Adha 1440 Hijriah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan, program Global Qurban di Lumbung Ternak Wakaf (LTW), di Desa Gadu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Kamis (11/7) siang kemarin.

Peluncuran program ini sendiri, dihadiri oleh mitra, donatur, komunitas, korporasi, dan influencer untuk melihat Global Qurban, mengelola hewan kurban dari pembesaran, hingga pemotongan hewan kurban sebelum didistribusikan.

“Saat ini masyarakat mempercayakan ACT sebagai penyalur hewan kurban. Pasalnya kegiatan kurban bukan hanya menyembelih dan menyalurkannya saja, namun ada hal yang lebih kompleks,” kata Vice President ACT, Ibnu Khajar, Kamis (11/7) siang.

Ia menjelaskan jika kurban, bukan hanya memotong hewan lalu membagikannya saja. Namun harus memilih hewan yang memenuhi syarat sesuai syariat Islam. Misalnya saja, hewan kurban tidak boleh cacat, dan memiliki berat tertentu. “Berat minimal hewan kurban disini adalah 27 kilogram,” jelasnya.

Pada Idul Adha tahun ini, ACT menargetkan akan menyalurkan daging kurban kepada 7,5 juta penerima manfaat kurban di 265 kabupaten/kota di tanah air serta 50 negara di dunia.

“Tahun lalu kami menyalurkan 37.750 setara ekor kambing. Untuk tahun ini kami menargertkan bisa menyalurkan setara 100 ribu ekor kambing,” tambahnya.

Ibnu berharap, pada saat haru raya Idul Adha tahun ini, semua masyarakat, terutama yang membutuhkan bisa menikmati daging kurban. “Tidak hanya di Indonesia, ACT juga ingin membantu penyaluran daging kurban di negara yang membutuhkan, seperti Somalia, Suriah, Palestina dan lainnya,” pungkasnya.

Koordinator ACT Jateng, Sri Suroto, menambahkan Lumbung Ternak ACT di Jawa Tengah saat ini mengelola sekitar 7.000 hingga 8.000 ekor kambing untuk disalurkan ke Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. “Khusus wilayah Jateng, kami menargetkan 1.500 ekor kambing akan disalurkan pada tahun ini,” tambahnya.