alexametrics

Ada Penampakan Noni Belanda di Gedung Tua Vereenigde Javasche Houthandel Maatschappij Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Daerah Bandarharjo Selatan, terdapat satu gedung peninggalan Belanda yang sudah berdiri selama satu abad lebih. Tepatnya sejak tahun 1911. Gedung tersebut bernama Vereenigde Javasche Houthandel Maatschappij.

Warga setempat sering menyebutnya gedung Javahout. Dulu, gedung Javahout digunakan untuk kantor perdagangan kayu di Jateng. Pada tahun 1950 bangunan ini sempat dipergunakan oleh TNI.

Kemudian pada 1965 gedung tersebut diserahkan kepada perusahaan daerah Jawa Tengah. Namanya PT Citra Mandiri. Kini gedung tersebut tidak digunakan. Hanya rutin dibersihkan dan sempat direnovasi skala kecil.

Salah satu warga sekitar, Rumiyati sempat mendengar cerita dari pekerja yang bertugas membersihkan gedung. Pekerja itu sering diganggu oleh penampakan noni Belanda. Penampakan tersebut lebih sering terlihat di lantai dua. “Kalau saya jarang melihat. Cuma yang kerja disini, yang bersih-bersih itu sering diganggu noni Belanda,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Gedung tersebut, berlokasi di pinggir jalan besar. Banyak warga berlalu lalang melintasi jalan di depan gedung. Beberapa warung terlihat berdiri di sekitar jalan. Namun, suasana sepi dan tua dari gedung, kerap meninggikan bulu kuduk. Ada perasaan seram. Apalagi tumbuhan liar menjalar di sudut-sudut gedung. Bahkan, temboknya terlihat sudah retak, menambah suasana seram.

Baca juga:  Bunyikan Klakson Kendaraan Ketika Melintas

Rumiyati mengatakan, beberapa kali gedung tersebut akan dijadikan restoran atau kafe. Namun, saat ini masih dalam tahap renovasi. Pihak yang akan mengontrak membatalkan rencananya. “Ini kalau setiap mau dikontrak orang, tapi kok ndak jadi terus. Padahal sudah habis banyak itu,” imbuhnya.

Istri penjaga gedung Javahout, Rini yang rumahnya berada tepat di belakang gedung, tidak merasa diganggu oleh penampakan. Namun, ia tidak menepis jika merasakan hawa merinding. Ia beberapa kali melihat sekelebat bayangan hitam di sekitar gedung.

“Kadang lihat bayangan hitam gitu, tapi nggak tahu itu apa,” ujar wanita berusia 52 tahun ini. Suami Rini, Sugeng, sudah 30 tahun menjaga gedung tersebut.

Baca juga:  Pernah Terjadi Kesurupan Masal, Dilarang Melamun di Sekolah

Rini sempat mendengar, wujud penampakan noni Belanda yang sering dilihat warga memiliki paras cantik. Rambutnya dikepang dua.

Sempat hampir dikontrak namun selalu gagal. Rini mengatakan, gedung tersebut akan segera dikontrak lagi menjadi kafe. Tinggal menunggu kapan akan direnovasi. Gedung tersebut, beberapa kali didatangi para youtuber untuk membuat konten, terutama kisah mistisnya. Pada tahun 2011, gedung Javahout juga sempat dijadikan tempat acara uji nyali oleh stasiun televisi swasta.

Meskipun hilir mudik mendengar kisah mistis, Rini dan keluarganya tetap beraktivitas seperti biasa. Tidak terlalu menghiraukan. Karena sudah puluhan tahun menetap di rumah belakang gedung. “Ya biasa saja, soalnya saya di sini sudah bertahun-tahun ya, jadi sudah biasa dengan keadaan sekitar,” pungkasnya. (mg2/mg3/lis/ida)

Baca juga:  Serem! Ada Penampakan Wanita Berambut Panjang Pakai Gaun Putih di Bekas Stasiun Semarang Gudang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya