alexametrics

Misteri Wanita di Balkon Rumah Spanyol Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Misteri rumah megah bergaya Eropa ini mengundang misteri, khususnya warga Kota Semarang. Sudah cukup lama ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya.

Rumah Spanyol atau warga sekitar menyebutnya rumah genderuwo. Rumah yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang ini menyimpan misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan.

Bila dilihat dari pinggir jalan, rumah yang berada di tengah perkotaan ini masih layak dihuni. Tapi memang kondisinya kini kotor, tidak terawat dan banyak ditumbuhi tanaman liar.

Ada dua versi mengenai rumah yang terbengkalai tersebut. Konon katanya, di rumah Spanyol ini dulu ditinggali satu keluarga berkebangsaan Spanyol. Lalu mereka kembali ke Spanyol meninggalkan rumah tersebut dan tidak kembali lagi sampai sekarang.

Adapun versi lainnya, rumah Spanyol ini terbengkalai karena dulu di rumah tersebut terjadi kasus pembantaian satu kelauarga yang sampai sekarang belum diketahui pelakunya. Terbengkalainya rumah megah tersebut konon katanya dijadikan peluang oleh para kriminal untuk tempat bersembunyi.

Baca juga:  Penampakan Tentara Jepang Tanpa Kepala di Barak Militer Bantir

“Dulunya rumah ini dijadikan tempat berkumpulnya begal-begal yang ada di Semarang. Setelah itu warga memergoki dan mengusir mereka dan sekarang terbengkalai lagi,” ungkap Seto, warga sekitar, kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Salah satu bagian dalam rumah Spanyol yang juga dikenal masyarakat sebagai rumah genderuwo. (Syafiq Hamzawi/Jawa Pos Radar Semarang)

Saat memasuki rumah tersebut hawa merinding menyelimuti sekujur badan. Tapi di balik itu semua, kita akan disuguhkan dengan keindahan model arsitektur bagian dalam rumah tersebut.

Arsitektur bergaya Spanyol yang sangat khas dengan ukiran-ukiran indah di setiap dindingnya. Sejumlah mural yang sepertinya dibuat setelah rumah ini kosong, betebaran di sejumlah tembok.

Namun, di balik keindahan arsitektur rumah tersebut, kesan angker masih tetap ada. Ditambah kondisi rumah sekarang yang kotor, rumput tumbuh tinggi, akar pohon sudah menjalar, dan semak menutupi bagian rumah membuat pengguna jalan dan warga sekitar menjadi merinding.

Baca juga:  Angkut Penumpang Pincang, Travel Nyasar di Tengah Hutan

Sosok hantu dua wanita bersauadara yang diduga adalah penghuni asli rumah tersebut juga konon kerap muncul.

“Saya pernah lihat ada dua perempuan yang satu dewasa dan yang satu kecil berdiri di balkon lantai dua menghadap jalan,” tutur Vidi, salah satu pengguna jalan di sekitar lokasi.

Tak hanya sosok dua wanita tersebut, berbagai siluman juga kerap menampakkan dirinya seakan-akan memberi pertanda buruk. “Setiap kali ada penampakan siluman ular atau sosok ular di depan rumah ini, bisa dipastikan,singkat waktu pasti ada kecelakaan di depan rumah ini,” ujar Seto, warga sekitar.

Baru-baru ini ramai diperbincangkan mengenai sosok kuntilanak merah yang menunjukkan eksistensinya melalui suara dan penampakannya sedang terbang di sekitar rumah tersebut. Tak jarang orang yang mendekati rumah tersebut mencium bau anyir seperti darah.

Baca juga:  Misteri Perempuan Cantik Penunggu Jembatan Bendo Peri

Sosok tinggi besar juga konon katanya sering menampakkan diri di sekitar pohon besar yang tumbuh di halaman rumah tersebut. Diduga sosok genderuwo dan siluman lainnya lah yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya sekitar rumah Spanyol tersebut.

Beberapa pengguna jalan yang melintasi rumah terbengkalai itu kabarnya juga sering melihat sosok noni-noni yang membuatnya menjadi salah fokus dalam berkendara. “Kemarin saya pulang kerja,saat itu pukul 11 malam. Saya melihat sosok wanita berambut pirang panjang tengah berdiri di atas loteng rumah itu,” ungkap Ando, pengguna jalan. (mg3/mg4/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya