alexametrics

Tyas Purwaningrum, Ingin Jadi MUA Profesional

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tyas Purwaningrum suka dengan tantangan dan hal yang baru. Mahasiswi UIN Salatiga ini mengaku menggunakan waktu luangnya saat pandemi Covid-19 untuk belajar make up. Menurutnya, make up menjadi kebutuhan wajib bagi kaum hawa. Ia pun mencoba bisnis baru dengan menjadi make up artist (MUA). Usahanya diberi nama yasamakeup.

Hobi yang sekarang menjadi keahliannya ini sudah disukai sejak kecil. Tyas –sapaan akrabnya— sering membuat tutorial make up sendiri dan di-upload di Instagram. Fokusnya saat ini adalah make up untuk acara wisuda. Gadis asal Kabupaten Semarang ini tidak mematok tarif mahal untuk jasa make up. Sekali make up ia biasa menerima uang Rp 60 ribu.

Baca juga:  Tak Lupakan Kodrat Wanita

“Saya kan masih baru jadi nggak berani mematok harga yang mahal. Ramah di kantong belum tentu kualitasnya jelek. Saya selalu memberikan yang terbaik untuk customer,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dengan usaha barunya ini, ia bisa membantu meringankan orang tua dengan biaya kuliah. Selain itu, uangnya biasanya dibelanjakan untuk membeli kebutuhan produk make up yang belum dipunya. Saat dikomplain customer, mahasiswi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah ini tidak langsung putus asa. Menurutnya, hal ini justru membuat semangatnya semakin menggebu.

“Kalau dikomplain, justru saya senang karena akan dapat pembelajaran baru. Pertama pasti akan saya perbaiki dulu. Kemudian di lain hari, saya nyoba lagi, tapi dengan teknik yang berbeda untuk antisipasi kejadian yang sama,” tambahnya.

Baca juga:  Pernah Jatuh di Atas Catwalk

Meski sibuk dengan make up, gadis 22 tahun ini selalu menyempatkan waktunya untuk menekuni hobinya yang lain. Ketika tidak ada orang yang menggunakan jasa make up-nya, Tyas selalu bereksperimen dengan membuat makanan baru.

“Saat SMK aku ngambil jurusan Tata Boga. Jadi, sampai saat ini aku masih suka eksperimen masak gitu buat kue kering atau camilan lain. Selain menjadi MUA profesional, harapanku ke depan ingin punya kafe dengan masakan hasil risetku,” katanya. (kap/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya