alexametrics

Hikmawati Fajri Devi, Lulus Kuliah tanpa Skripsi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNTUK mengisi waktu luang selama masih kuliah, Hikmawati Fajri Devi Safitri aktif di berbagai kegiatan positif. Gadis kelahiran Magelang, 22 Desember 1999 ini menjadi guru bantu mengajar BTQ SD Mutual, menjadi penyiar radio kampus Unimma FM, dan bergabung di humas kampus.

Selain itu, Hikma –sapaan akrabnya—juga aktif menjadi model foto serta video untuk mempromosikan sebuah brand atau tempat wisata. “Jadi model freelance, biasanya brand ngajak kerja sama ngikuti jadwalku,” ujar Hikma kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Menurutnya, dengan aktif berkegiatan, membuat dirinya lebih berkembang dan memiliki lebih banyak teman dan relasi. Meski begitu, alumnus S1 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) ini tidak melupakan kuliahnya. Hasilnya, dalam 3,5 tahun, dirinya berhasil lulus tanpa harus membuat skripsi.

Baca juga:  Bunaya Ratu Hapsari, Kagumi Pemimpin Wanita

Gadis yang hobi membaca buku dan membuat konten media sosial ini aktif menulis berbagai karya ilmiah atau makalah. Seperti The 13th University Research Colloqium 2021 di Stikes Muhammadiyah Klaten tentang komunikasi pembangunan. Selain itu, The 14th University Research Colloqium 2021 di STIE Muhammadiyah Cilacap tentang branding pariwisata, dan terakhir konferensi integrasi interkoneksi Islam dan Sains 4 di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta tentang dakwah digital.

Alasannya aktif menulis, dikarenakan di Unimma ada beberapa ketentuan yang bisa disetarakan skripsi. Seperti PKM, pemakalah konferensi nasional tiga kali, pemakalah seminar internasional, penulis utama jurnal minimal sinta 4.

“Dan saya ikut yang pemakalah konferensi tiga kali. Ini sudah saya cicil sejak semester enam sampai semester tujuh selesai, setelah itu langsung sidang yudisium dan dinyatakan lulus 8 Februari lalu. Jadi, bisa lulus 3,5 tahun tanpa skripsi,” kata putri ketiga dari empat bersaudara ini bangga. (rfk/aro)

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas Produk Jamu

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya