alexametrics

Mazaya Conita Widaputri Bisnis Macrame

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mazaya Conita Widaputri adalah pemilik UMKM Loonafle Craft. Perempuan 24 tahun ini juga mahasiswi magister profesi psikologi klinis. Ia mampu melakukan multitasking untuk kepentingan akademik dan bisnisnya sekaligus. Bahkan sesekali ia juga menerima jasa panggilan sebagai fotografer freelance.

Diceritakan, ia biasa mengikuti perkuliahan daring sembari mengerjakan kerajinan dekorasi rumah macrame miliknya. Baginya, teknik rajut dalam membuat macrame sudah di luar kepala. Sehingga tangannya dapat membuat macrame dengan tetap fokus menyimak perkuliahan.

“Ini lagi ngerjain 30 clutch (tas dompet) pesenan suvenir nikahan premium buat customer di Makassar,” ungkap Tata –sapaan akrabnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Saat ini, ia mengejar deadline pesanan clutch rajut, dan sudah mencapai 50 persen. Ia sangat menikmati bisnis rintisannya di sela-sela kesibukan kuliah profesi. Sebagai seorang yang mudah bosan mengerjakan satu hal terus menerus, bisnis macramé dan fotografi menjadi hal tepat menyelingi perkuliahannya.

Baca juga:  Fanny Soegi, Urip Iku Urup Jadi Falsafah Bermusik

Terlebih bisnis macrame dan fotografi cenderung fleksibel secara waktu. Hobi yang jadi peluang bisnis baginya itu juga mendorong produktivitas dirinya di samping target akademis. Meskipun ia sering kali harus mengganti alamat toko di marketplace saat dirinya berpindah sewaktu-waktu.

“Susahnya harus bawa alat tali kemana-mana, kadang ke Jogja, kadang ikut suami ke Semarang,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, ia sempat diundang mengisi pelatihan bersama Komunitas Naragawe di Purwokerto. Ditemani adiknya sebagai asisten, perajin lokal muda itu mengajari belasan peserta di sebuah kafe. Meski kewalahan melatih mulai dari teknik dasar, ia senang dapat berbagi.

Tata mengaku sangat bersyukur menemukan macrame saat fresh graduate bersamaan pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Mengembangkan bisnis macramé, baginya juga merupakan salah satu aktualisasi diri.

Baca juga:  Buktikan Diri lewat Prestasi

“Dulu jalan-jalan ke toko home decoration lihat macrame, terus coba buat sendiri dan saya unggah di Youtube. Nggak nyangka ada yang pesen, padahal nggak niat jualan awalnya,” ungkap Tata. (taf/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya