alexametrics

Nur Syahira Shakban, Buka Bisnis Kopi Sendiri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di era sekarang, dunia bisnis banyak diminati generasi muda. Mulai bisnis penyedia jasa layanan, kecantikan, hingga bisnis kuliner. Salah satu yang menekuninya adalah Nur Syahira Shakban. Mahasiswi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang ini merintis bisnis kopi kekinian.

Pada awalnya, Hira –sapaan akrabnya—hanya bekerja sebagai barista selama enam bulan di salah satu kedai kopi di Semarang. Setelah itu, ia memutuskan resign dari pekerjaannya, dan mencoba meracik kopi sendiri dari hasil belajarnya selama menjadi barista. Produk kopinya itu dipasarkan melalui akun Instagram miliknya.

“Awalnya hanya iseng bikin kopi susu terus dikemas pakai botol. Ternyata pada suka dan langsung banjir pesanan,” ujar Syahira kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Baca juga:  Venina Sitepu, Kampanye Emansipasi lewat Organisasi

Gadis 22 tahun ini mengaku, merintis bisnis kopi terinspirasi dari berita-berita di media sosial tentang generasi milenial yang sukses di usia muda. Dari sana, ia terpacu untuk mengembangkan bisnisnya ini. Pada saat awal merintis bisnis, Hira hanya melayani pemesanan melalui media sosial dengan sistem pre order (PO). Tapi, kini ia telah memiliki kedai sendiri di bilangan Kalisari, Semarang.

Ia telah menjalankan bisnisnya kurang lebih 10 bulan. Masa pandemi bukan penghalang bagi dirinya untuk terus berbisnis. Dalam sehari, ia bisa mendapatkan 50 hingga 70 pesanan. Omzet yang didapatkan mencapai Rp 8 juta per bulan. Hira tak bekerja sendiri. Ia dibantu salah satu teman kuliahnya yang kini menjadi partner bisnisnya.

Baca juga:  19 Anggota APTIK Bahas KMMB

Dara kelahiran 20 Desember 1999 ini tak ingin berhenti menjadi pemilik usaha kedai kopi. Selain berencana membuka cabang, ia juga ingin mengembangkan bisnis lainnya di bidang make-up. Karena ketertarikannya pada produk kecantikan cukup tinggi.

“Karena pada dasarnya aku suka tantangan. Jadi, selama masih ada waktu, kekuatan, dan materi, aku nggak mau melewatkan kesempatan itu,” tegas mahasiswi Fakultas Hukum ini. (cr6/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya