alexametrics

Putri Maro Widyastuti, Majukan Desa lewat Pariwisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, USIANYA baru 18 tahun. Namun Putri Maro Widyastuti sudah aktif terlibat dalam pengelolaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringin Putih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Bermula dari keikutsertaannya dalam latihan sanggar tari dan pameran UMKM di Balkondes, dia lantas menjadi bagian dari Balkondes sejak Oktober 2018.

“Dulu ditawari kerja oleh Bapak Susanto, Ketua BUMDes yang pertama,” ujar Putri kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (5/7).

Di Balkondes Wringin Putih, Putri memegang peran sebagai marketing. Namun itu tidak instan. Sebelumnya, Putri mengerjakan apa saja. Mulai dari membersihkan area Balkondes, membantu membersihan homestay sebelum dan sesudah ada tamu, membersihkan peralatan dapur, hingga membantu memasak.

Baca juga:  Putri Ayu Cahya Lestari, Bersyukur Bisa Bantu Anak-Anak

Putri mengaku senang menjadi marketing Balkondes Wringin Putih. Dia mendapat banyak wawasan dan tambahan ilmu. Salah satunya, tentang bagaimana menghadapi karakter orang yang berbeda-beda. Dengan bertemu orang baru, Putri merasa diuji kemampuannya dalam menyesuaikan diri. Berbagai pengalaman mengesankan pun dialaminya.

“Pengalaman yang paling mengesankan itu ketika bertemu langsung dan berjabat tangan dengan Bapak Presiden Jokowi ketika acara peresmian Balkondes,” kenangnya.

Putri juga mengatakan, anak muda berperan penting dalam memajukan desa. Salah satunya melalui sektor pariwisata. Apalagi di desa, khususnya Wringin Putih, ada banyak kearifan lokal yang bisa menarik orang untuk datang. “Anak muda mestinya bisa sama-sama belajar untuk sadar wisata,” ucapnya.

Baca juga:  Komitmen Tak Merumahkan Karyawan

Meski senang menjadi marketing Balkondes, Putri masih memiliki cita-cita lain. Dia ingin membuka usaha batik khas Wringin Putih. Yakni, batik yang diproduksi menggunakan warna alami. “Ingin mengembangkan edukasi batik dengan warna alam tentunya,” ujar Putri sambil tersenyum. (rhy/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya