alexametrics

Yashinta Chindy Insyira, Belajar Tari Sejak TK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Melestarikan tari tradisional merupakan tekad Yashinta Chindy Insyira. Sejak usia 4 tahun, ia sudah menyukai dunia tari. Saat mendengarkan iringan gamelan, ia mengaku nyaman, dan rasanya selalu ingin menari. Bakatnya menari ini mengalir dari darah ibunya yang dulu juga seorang penari.

“Saya ikut sanggar tari sejak TK hingga SMP. Mulai SMA sampai sekarang menjadi pelatih privat maupun kelompok dan menerima job tari,” kata mahasiswi Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Tak sedikit prestasi yang diraih di lomba tari. Ia pernah meraih juara Tari Gaya Semarangan pada 2018. Puncaknya, beberapa waktu lalu menjadi juara pertama ajang Putra-Putri Tari Provinsi Jawa Tengah 2021.

Baca juga:  Niekecorry Elza, Teruskan Karir Kakek di Politik

Ia meraih juara pertama setelah gadis yang akrab disapa Chindy ini mengikuti serangkaian seleksi. Perlombaan yang diselenggarakan secara daring tersebut dimulai dari tes tertulis, tes wawancara melalui zoom, serta penugasan yang diunggah pada media sosial peserta.

“Pelaksanaan seleksi selama bulan Maret lalu, kemudian pada 25 Maret 2021 diumumkan 8 finalis yang diminta mengirimkan video menari. Lalu pada pengumuman 5 April 2021 melalui instagram @puteraputeritarijateng saya meraih juara pertama,” ujarnya bangga.

Dalam perhelatan itu, Chindy menampilkan Tari Lengger Lenggasor yang berasal dari Purbalingga. Ini merupakan tari tradisional yang diciptakan oleh seniman Susiati, S. Sn.

Menyandang gelar Putri Tari Jawa Tengah 202, ia berhak mewakili Provinsi Jateng di tingkat nasional. Ia mendapatkan mahkota, serta pelatihan meliputi catwalk, public speaking, dan make-up. “Pelatihan tersebut nantinya jadi bekal saya untuk menuju event tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di Nusa Tenggara Timur,” tuturnya.

Baca juga:  Bikin Brand Fashion Sendiri

Ia berharap dalam lomba tingkat nasional itu, hasilnya bisa membanggakan Provinsi Jawa Tengah, serta kampus tercinta, Udinus.  (cr5/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya