alexametrics

Rika Sri Fadila, Srikandi Satpol Penegak Prokes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menjadi personel Satpol PP Pemkab Demak bagi Rika Sri Fadila merupakan pengalaman yang paling berharga. Sebab, banyak kegiatan yang harus diikuti dalam penegakan peraturan daerah (perda) atau produk hukum daerah.

Gadis kelahiran Demak, 13 Agustus 2000 ini juga menjadi salah satu anggota srikandi satpol penegak protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19. Ia bersama anggota satpol lainnya bertugas memberikan pemahaman yang baik terkait prokes kepada masyarakat.

“Dalam menegakkan produk hukum ini, kadang ada yang ngeyel, sehingga perlu kesabaran dalam menghadapinya,”ujar alumnus SMA Negeri 1 Guntur ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang semester IV ini menjadi anggota Satpol PP sudah dua tahun terakhir. Selain soal penegakan disiplin dan penegakan hukum prokes, Rika juga memiliki pengalaman lain dalam kegiatan yustisi yang dijalankan institusi tempatnya bekerja.
“Sebelum ada pandemi Covid-19 di awal 2020 silam, saya memiliki banyak pengalaman. Pengalaman pertama adalah mengikuti kegiatan yustisi penertiban warung remang-remang,”katanya.

Baca juga:  Warung Kopi Jalan Lingkar Ditertibkan

Saat itu, ia sempat kejar-kejaran dengan pekerja seks komersial (PSK) ketika hendak diamankan. “Saya ikut ngejar mereka yang sedang lari di sawah. Bahkan, PSK yang saya kejar terjatuh. Akhrinya, mereka dapat kita amankan,”kenangnya.

Sasaran yustisi biasanya mereka yang mangkal di kawasan Tanggul Indah dan Ganepo Mranggen. Pengalaman lain adalah saat menertibkan pedagang kaki lima (PKL). Penertiban berlangsung seru dan sempat eyel-eyelan. PKL tidak mau ditertibkan. Padahal mereka melanggar perda. Karena ngeyel, barang milik PKL pun dingkut dari lokasi jualan. Saya juga kerap ikut penertiban tempat hiburan atau karaoke,”kata Rika.

Menurutnya, pengalaman merupakan guru yang paling berharga dalam kehidupannya. Karena itu, tugas yang diemban dilakukan sepenuh hati. (hib/aro)

Baca juga:  Table Manner Membuat Ani Fitria Percaya Diri

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya