alexametrics

Hidayatul Faizah, Dari Biola Musik Klasik ke Kasidah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Biola menjadi alat musik pilihan Hidayatul Faizah. Siswi SMA Negeri 12 Semarang ini berlatih biola sejak kelas enam SD. Ia mengaku tertarik main biola karena menyukai musik klasik. Sebab, genre musik ini identik dengan biola.

Bagi dara kelahiran Klaten, 12 Januari 2003 ini, teknik memainkan biola tidak mudah. Ia masih terus mempelajari lagu-lagu yang dimainkan. Terkadang, proses belajarnya terhalang mood, sehingga kurang menghayati lagu.

Faza -sapaan akrabnya- merupakan salah satu personil grup kasidah Ezzura. Ia digembleng menjadi personil grup ini setelah lulus dari grup kasidah tanpa nama yang didirikan manajemen Nasida Ria. Ia bersama grupnya tampil perdana di Kelurahan Nongkosawit, Gunungpati dalam acara pernikahan.

Baca juga:  Erlina Rahmawati Dewi, Dituntut Kerja Ikhlas

“Mulai dari situ pentas-pentas masih dengan kasidah tanpa nama. Akhirnya, setelah saya kelas 8 mulai masuk di kasidah Ezzura, dan pentas pertama kali juga di acara pernikahan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Meski menyukai musik klasik, dara yang hobi membaca buku dan menonton film ini terus mempelajari musik kasidah. Menurutnya, ia sangat perlu mempelajari berbagai genre musik agar lebih terampil ke depannya.

Terkait sekolah dan karir, Faza mengaku tak kesulitan membagi waktu. Untuk latihan biasanya dilakukan ketika hari libur. Meski jadwal latihan setiap Sabtu dan Minggu, ia tetap melakoni latihan mandiri di rumah. Adapun ketika manggung, biasanya juga dilakukan ketika weekend. “Kalau memang pas hari sekolah, kita ambil jadwal yang malam. Nanti siangnya izin, paginya tetap sekolah,” terangnya.

Baca juga:  Wanita Perlu Berkarir

Selama pandemi Covid-19 ini, Faza bersama rekan-rekannya tak patah arang. Meski tak bisa manggung seperti biasa, mereka mengalihkan produktivitas ke Youtube. “Kita juga ada live streaming setiap hari minggu. Bisa dilihat aktivitas kita di channel Nasidaria Management,” katanya. (ifa/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya