alexametrics

Faiza Aulia Santoso, Banyak Belajar dari Duta Genre

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Faiza Aulia Santoso tidak menyangka bakal menjadi Duta Genre Kendal. Sebab, saat itu ia baru kali pertama mendengar generasi berencana (Genre). Namun dengan modal percaya diri dan kesungguhan, ia akhirnya terpilih sebagai juaranya. Ia yang memiliki hobi menari, traveling, dan bermain ukulele sangat menikmati kegiatan selama menjadi Duta Genre. Faiza melakukan sosialisasi di belasan sekolah di Kabupaten Kendal.

“Yang aku suka dari Duta Genre itu kita berbagi ilmu ke anak-anak dan remaja, secara tidak langsung kita membantu mereka merencanakan masa depannya,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.
Alumni jurusan Radiologi Universitas Widya Husada Semarang ini mengaku belajar banyak hal saat praktikum di rumah sakit. Ia kerap mendapati pasien lemah kandungan akibat seks bebas atau kebutuhan gizi yang belum terpenuhi. Beberapa kali yang ia temui adalah remaja di bawah umur, pelajar tingkat SMA/SMK.

Baca juga:  Aurelia Karina Hastisia, Berbagi Pengalaman Kuliah di Tiongkok

“Mirisnya aku beberapa kali menemukan remaja yang dihamili diantar orang tua pas USG karena pacarnya kabur dan nggak bertanggung jawab,” ceritanya.

Dari pengalamannya di bidang kesehatan, ia dapat berbagi dengan remaja di sekolah ketika sosialisasi genre. Khususnya bahaya seks bebas. Ia yang kuliah di bidang kesehatan sejalan dengan upaya genre mengenai Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).

Meski kini ia tak lagi menjabat Duta Genre, tapi ia masih aktif mengikuti kegiatan. Meluangkan waktu libur bersama Duta Genre Kabupaten Kendal penerusnya. Kesibukannya bekerja sebagai radiografer di RSU Puriasih ikut mendorongnya meningkatkan pengetahuan tentang isu tersebut.

“Salah satu yang membuat remaja di bawah umur sering punya masalah saat mengandung itu kan juga karena pola makan anak zaman sekarang yang cenderung suka makan junk food dan bahan pengawet lainnya. Jadi, kebutuhan gizinya nggak terpenuhi,” katanya.

Baca juga:  Putri Rakhmadhani Nur Rimbawati, Percaya Diri lewat Public Speaking

Menurutnya, ilmu dan pengalaman menjadi Duta Genre sangat berdampak pada kehidupannya sekarang. Pentinganya kesiapan mental dan kesehatan saat menikah, bahaya seks bebas dan narkotika. Lebih sederhana lagi, bagaimana memiliki relasi yang sehat dengan pasangan. (cr1/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya