alexametrics

Putri Rakhmadhani Nur Rimbawati, Percaya Diri lewat Public Speaking

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Muda bertalenta. Itulah Putri Rakhmadhani Nur Rimbawati. Piawai menari, menyanyi, juga menguasai public speaking. Kemampuan itulah yang mengantarkan Putri—sapaannya—terjun ke dunia hiburan.
Wajahnya menghiasi layar kaca beberapa stasiun televisi lokal. Salah satunya Magelang TV (Jawa Pos Group)—yang saat ini menjadi perusahan di mana Putri bernaung. Putri didapuk sebagai news anchor. “Bisa dibilang, aku belajar public speaking secara otodidak,” kata perempuan 28 tahun ini.

Bakat berbicara ala presenter diakui ada sejak kecil. Dulu dia terobsesi menjadi presenter cilik setelah menonton acara televisi, Tra La La Tri Li Li. Ia juga rajin menjadi penulis surat penggemar majalah anak-anak. “Aku baca suratku itu di depan kaca, seolah-olah aku host Tra La La Tri Li Li, hahaha,” kenangnya sambil tertawa.

Baca juga:  Firda Pratiwi, Kritikan sebagai Evaluasi Diri

Di masa remaja, ia mulai berkegiatan di luar sekolah yang nyambung dengan ketertarikannya itu. Dia menjadi penyiar radio sejak SMP, sampai kuliah. Pernah pula menjuarai kompetisi presenter se-kampus.

“Sebenarnya, public speaking nggak sejalur dengan kuliahku. Tapi aku rasa, ini sesuatu yang aku suka di luar akademis,” ujar lulusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Ia baru menyadari, jadi penyiar berita adalah tujuan hidup. “Dan ini mimpi besarku,” imbuh perempuan yang memiliki pengalaman di ASEAN Studies Center itu.

Meski sudah punya penghasilan yang cukup besar di usia muda, Putri masih haus mengenyam pendidikan. Ia melanjutkan kuliah jenjang strata-2 untuk mendapat gelar magister Hubungan Internasional Fisipol Universitas Gadjah Mada. Belum juga puas, Putri kembali belajar strata-3 di School of Media and Communication, Shanghai Jiao Tong University. “Sekarang masih semester lima,” akunya.

Baca juga:  Sadar Pentingnya Public Speaking

Dia bercerita, kepulangannya ke Indonesia karena kuliahnya terdampak pandemic Covid-19. Semua kegiatan kuliah dilakukan secara daring. Perempuan berhijab ini pun memutuskan untuk kembali terjun di dunia presenter. “Inilah kenapa aku bisa sampai Magelang,” ucapnya.

Bagi Putri, public speaking membawa perubahan besar dalam hidupnya. Sebab, ditekuni dengan serius. “Aku aslinya pemalu dan kurang bisa bersosialisasi. Setelah bisa ilmu public speaking, aku jadi lebih percaya diri,” ungkapnya. (put/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya