alexametrics

Anggi Tri M. Harahap, Kampanye Kesetaraan Gender

Artikel Lain

RADARSEMRANG.ID, Di tengah kesibukan kuliah, Anggi Tri M Harahap fokus dalam kampanye kesetaraan gender. Ia mendirikan platform komunitas daring Hersphere, yang bertujuan untuk mendorong bagi perempuan muda di Indonesia untuk menjadi lebih baik, berkembang dengan positif, serta memberikan semangat bagi perempuan agar dapat mencapai mimpinya.

“Hersphere ingin agar perempuan muda Indonesia berani untuk mengartikulasikan mimpi yang mereka punya, dan kita juga ingin membentuk ulang pemahaman masyarakat terkait perempuan yang punya mimpi supaya tidak dipandang negatif” jelas mahasiswi Komunikasi FISIP Undip ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dalam akun Instagram @herpshere_ , Anggi menginisasi berbagai program, seperti Through Her Thoughts, yaitu webinar yang mengundang para perempuan inspiratif dengan membahas topik yang dapat membuka potensi perempuan. Misalnya, terkait pengembangan diri. Terdapat pula Her Side of Story, yang menyajikan cerita dalam bentuk video animasi ataupun komik strip terkait cerita perempuan-perempuan yang berhasil mendobrak stereotip gender di masyarakat. Di luar keduanya, lanjut dia, Hersphere juga aktif untuk menyebarkan konten-konten yang memberikan nilai-nilai positif, khususnya terkait pemberdayaan perempuan.

Baca juga:  Gemas Lihat Koruptor

Menurutnya, yang menjadi tantangan ketika mendirikan Hersphere adalah terkait minimnya pemahaman masyarakat terkait isu kesetaraan gender. Banyak yang mengatakan bahwa kesetaraan gender itu liberal ataupun bertentangan dengan agama. “Jadi, melalui Hersphere kita mengusahakan agar campaign ini mudah diterima masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dengan memasukkan nilai kesetaraan gender” katanya.

Ke depannya, Anggi memiliki tujuan jangka panjang untuk Hersphere, yaitu menciptakan program lain, kolaborasi dengan berbagai pihak, serta melakukan kegiatan yang berbasis offline.

“Ke depannya bakal ada program lain. Sejauh ini, karena pandemi kegiatan hanya sebatas daring. Yang ingin saya capai dari Hersphere nanti akan ada summit atau konferensi atau seminar yang dilaksanakan secara rutin dengan mengundang perempuan di berbagai bidang/ranah. Semakin banyak kita melihat perempuan yang sukses, semakin banyak perempuan yang termotivasi” tuturnya. (mg4/aro)

Baca juga:  Tidak ada Bias Gender, Ini Cara BRI Jaga Kesetaraan Remunerasi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya