alexametrics

Make Up Gratis Bagi Yatim Piatu

Fiska Khorida Maulina

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pantang menyerah pas untuk menggambarkan sosok Fiska Khorida Maulina. Impiannya adalah mempunyai sanggar tari dan rias. Fiska –sapaan akrabnya—adalah lulusan dari SMK Negeri 1 Salatiga. Ia mengambil jurusan tata kecantikan.

“Impianku ingin punya sanggar tari dan rias, tapi setelah aku diterima di ISI Surakarta dengan jurusan seni tari, orang tua tidak mengizinkan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Namun, wanita kelahiran Kabupaten Semarang 25 Mei 1998 ini tidak menyerah begitu saja. Permintaan dari orang tua untuk meneruskan usaha dan tidak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ia penuhi. Sejak 2016, ia membuka usaha salon dan make up. Promosi dilakukan lewat sosial media Instagram dengan nama fiskamakeup. Selain itu, ia juga menerima freelance untuk bernyanyi di acara pengajian, pernikahan, dan lainnya.

Baca juga:  Alfina Laura Ingin Jadi Ahli Optometris

“Awalnya aku diajak buat bantu-bantu make up di acara pernikahan. Make up yang mudah-mudah aja sih, seperti pagar ayu, pagar bagus gitu, hasilnya juga nggak seberapa, niatnya buat pengalaman,” jelasnya.

Seiring berjalannya waktu, jasa make up-nya mulai dikenal orang. Pada 2018, istri Ganjar Joko Priyanto ini mendapat tawaran untuk make up acara pernikahan. “Beli baju manten itu hasil nabung dari nyanyi. Harganya Rp 950 ribu. Peralatan yang lain masih nyewa, dan modalnya juga dari pinjem temen,” ujarnya.

Jatuh bangun usaha pernah dilalui ibu satu anak ini. Bahkan ia harus banting stir berjualan takjil karena adanya pandemi Covid-19. Namun, kesabarannya membuahkan hasil. Di era new normal, usahanya banyak dibanjiri klien, bahkan sampai Klaten dan Jogja. Usaha backdrop dan decoration miliknya juga banyak dipesan orang. “Sehari pernah make up manten sampai lima kali, dan backdrop di delapan tempat secara bersamaan,” katanya.

Baca juga:  Terpikat Bisnis Penerbangan

Putri pasangan Nur Sahid dan Eni Kusrini ini mengaku senang karena usahanya dapat menciptakan lapangan kerja baru. Usaha Fiska Makeup dan Decoration miliknya juga banyak dikenal orang. Sebagai rasa syukurnya, ia juga menggratiskan make up pengantin apabila pasangan tersebut adalah yatim piatu. Ia juga mengadakan promo honeymoon ke luar negeri bagi pasangan pengantin yang menggunakan jasanya.

“Alhamdulillah aku menggratiskan make up bagi mereka yang yatim piatu, dan ini berlaku selamanya,” ujarnya. (mg12/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya