alexametrics

Setiani Mulyandari, Rancang Kostum Robot Tari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Sejak SD, Setiani Mulyandari sudah menyukai seni tari. Saat ini, ia tercatat sebagai mahasiswi semester 5 Program Studi Informatika Universitas PGRI Semarang (Upgris). Ia dilibatkan dalam tim Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional mewakili kampusnya yang akan berlaga di Kalimantan.

Setiani mendapat tugas membuat kostum yang akan dipergunakan untuk mendukung gerakan robot bergerak menari secara lebih luwes.
“Saya suka seni tari sejak SD, bahkan waktu SMP ikut FLS2N sampai tingkat provinsi. Jadi, sudah tidak asing dengan busana penari,”kata anggota robotik Upgris ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia mengaku optimistis baju yang didesainnya sesuai ukuran tubuh robot. Karena memang sudah dirancang agar tidak mengganggu gerakan robot.

Baca juga:  Retno Asih Kusumaningrum, Bangga Jadi Atlet Voli

Diakui, untuk menyesuaikan ukuran, awalnya ia melihat video gerakan tari, kemudian memperhatikan dan mengambil gerakan apa saja untuk diaplikasikan ke robot. Menurutnya, gerakan tarian yang menggunakan bulu Burung Enggang cukup sederhana apabila diperagakan manusia. Namun menjadi unik kalau ditarikan oleh robot dengan konstum yang sesuai. “Justru itulah susahnya, harus mikir pula bagaimana agar kostum tak memberatkan gerakan robot,” kata gadis kelahiran Pekalongan, 29 Agustus 1999, ini.

Dikatakan, robot tari itu akan mempraktikkan Tarian Enggang dari Kalimantan. “Semua tidak lepas dari pengetahuan dan kemampuan menari, kemudian saya aplikasikan ke robot, terutama untuk kostum, di situlah peran saya di tim robot ini,” ujarnya. (jks/aro)

Baca juga:  Youtube sebagai Media Pembelajaran Seni Tari

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya