alexametrics

Hanifah Nur Rizqi, Belajar Disiplin dari Paduan Suara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sejak SMP dan SMA, Hanifah Nur Rizqi sudah bergabung di kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Namun setelah kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang (Upgris), ia semakin mengembangkan bakatnya dalam paduan suara itu. Di kampus, ia bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gisma Choir.

“Saat SMP dan SMA cuma iseng-iseng, cari kesibukan. Baru saat kuliah, fokus menekuni paduan suara,”kata Hanifah kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Bersama tim UKM Gisma, ia pernah meraih juara dua kategori, yaitu Folklore Category dan Mixed Choir Category, dalam kompetisi Jakarta World Choir Festival, belum lama lalu.

Tak dipungkirinya, untuk memperoleh juara itu, prosesnya sangat panjang. Karena, ia dan timnya harus ikut latihan untuk kompetisi ini selama 10 bulan. Setiap minggu latihan rata-rata empat kali. Bahkan menjelang lomba, intensitas latihan bisa dinaikkan sampai seminggu penuh. “Setiap kali latihan bisa menyita waktu empat jam, dari pukul 19.00 sampai 22.00,”ujar Ketua Umum PSM UKM Gisma Choir Upgris ini.

Baca juga:  Zebadiah Anipasa, Balas Bullying dengan Prestasi

Hanifah merasa latihan yang berat dan kedisiplinan tersebut membuat ia terbiasa dengan sikap profesional dalam menekuni paduan suara maupun organisasi. Ia juga merasa senang, karena segala macam usaha keras itu menambah keterampilan dan kemampuan di luar akademik. “Saya ingin menjadi guru yang punya kapasitas lebih. Guru harus punya softskill di luar bidang pengajarannya,”ungkapnya.

Baginya, keterampilan yang diperoleh itu akan sangat membantunya ketika kelak sudah mengajar di sekolah. Saat ini, ia juga merasa meski jadwal latihannya begitu padat, pilihannya di paduan suara sudah tepat. “Meski capek, jika saya merasa bahagia di situ, itu artinya sudah berada di jalan yang tepat,” katanya. (jks/aro)

Baca juga:  Disiplin, Perlukah?

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya