alexametrics

Rafika Putri, Fotografer yang Punya Studio Foto Sendiri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mayoritas dunia fotografi identik dengan kaum adam. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Rafika Putri. Fotografer perempuan ini bahkan sudah memiliki studio foto sendiri.
Diakuinya, ketertarikan dengan fotografi sebenarnya sudah terlihat dari kecil. Suka memotret sejak SD hingga bermain kamera film kepunyaan ayahnya.

“Misalnya, ada piknik keluarga, acara keluarga, atau kumpul-kumpul dengan keluarga besar. Aku suka menawarkan diri untuk memotret orang-orang itu,”ungkap Putri –sapaan akrabnya, Rabu (10/6) kemarin.
Kemudian beranjak dewasa saat kuliah, Putri mulai serius dengan hobinya. Kamera DSLR digunakannya kali pertama pada 2009 lalu. Dikatakannya, waktu itu jenis kamera DSLR sedang digandrungi oleh para mahasiswa.
“Waktu kuliah, aku mulai serius dengan hobiku. Beli kamera untuk hobi dan dokumentasi acara kampus. Fotoin teman-teman dan ketika hangout bersama mereka dan keluarga,”ungkap alumnus S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Managemen Udinus ini.

Baca juga:  Anggota Notaris Diingatkan Agar Bekerja Profesional

Masuk 2012-2015, Putri turut membantu orang lain dalam menjalankan bisnis fotografinya. Sering ikut membantu foto prewedding, menjadi pengarah gaya dan asisten fotografer. “Dari situ karena sering ikut orang kerja, dan belajar langsung,”timpal dara asli Semarang ini.

Pada 2015, Putri memberanikan diri untuk memulai bisnis di bidang fotografi. Sebagai fotografer inti hingga sekarang. Fotografer untuk foto prewedding, wedding, maternity, dan foto melahirkan di rumah sakit ia kerjakan. “Selain itu, aku juga sering foto project-project dengan perusahaan, untuk keperluan branding, company profile dan produk,”ungkap Putri.

Pandemi Covid-19 seperti ini membuatnya sering mengadakan sharing tentang fotografi melalui Instagram live. Baginya, fotografi adalah sebuah cerita. Lebih menarik jika ceritanya bisa kita abadikan. Melihat ekspresi natural dari orang-orang adalah keseruan tersendiri. Setiap wajah mempunyai karakter dan ceritanya sendiri.

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris lewat Lagu

“Alhamdulillah sekarang punya kantor sendiri di Jalan Mugas Barat Raya No. 21, namanya Catatan Cerita Studio. Untuk studio sedang tahap pembangunan di daerah Tegalsari. Jadi, misalnya ada klien mau melihat hasil fotoku, bisa ke kantor yang di Mugas.” (avi/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya