alexametrics

Kenalkan Tari Rambut Gembel

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, – Yeni Irmawati telah membuat harum nama Wonosobo dengan tarian yang dibawakannya hingga tingkat internasional. Kebetulan gadis 22 tahun asal Desa Klerang, Wonosobo ini menjadi duta tari Indonesia.

Ia mengaku suka menari sejak kecil. Bahkan baginya, sebagian besar hidupnya telah didedikasikan untuk menari. Sebagai duta tari, ia memiliki tugas mengenalkan berbagai model tarian khas Indonesia. Untuk menjadi duta tari Indonesia, ia harus lolos tes administrasi dan memenuhi persyaratan menguasai 10 tarian lokal, serta lima tarian luar daerah asal.

“Dukungan penuh dari orang tua sangatlah penting. Ini menjadi motivasi dasar saya setiap kali akan menari. Sampai akhirnya, hari ini menjadi salah satu perwakilan untuk Indonesia,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Baca juga:  Syafira Nur Cholifa, Peduli Penampilan

Putri pertama dari dua bersaudara ini mengaku suka berwisata ke candi karena bisa menjadi inspirasinya dalam menari. Tak hanya menari sendiri, sejak usia 17 tahun, Yeni juga aktif mengajar di sanggar tari Swasti.

Meski sudah dibilang sukses dalam seni tari, namun ia mengaku masih belum puas jika tidak berhasil membawakan tarian Wonosobo. Yeni memiliki target dapat membawakan tarian kreasinya, yakni tari rambut gembel ke pentas di luar negeri.

“Saya ingin tradisi potong rambut gembel itu diterjemahkan dalam sebuah tarian. Sehingga ekspresi budaya tidak hanya bisa diceritakan lewat tutur kata, tapi juga gerak,” ujarnya (git/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya