alexametrics

Kampanye Cegah Cyber Bullying

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  Seiring berkembangnya teknologi, semakin marak pula cyber bullying. Bahkan hal tersebut dapat membuat nyawa seseorang terancam. Hal tersebut menjadi keprihatinan bagi Dwidya Sitta Anugari. Terlebih gadis 23 tahun ini memahami penuh mengenai dampak psikologis yang diakibatkan oleh fenomena tersebut.

“Cyber Bullying itu bahaya. Karena bisa membuat korban bunuh diri karena ada ujaran dan tuduhan kebencian yang ditujukan kepadanya melalui sosial media,” ujar alumnus Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menuturkan, penanganan cyber bullying pun tidak dapat sembarang. Perlu perlakuan khusus bagi pelaku maupun korban. Sebab, terkadang korban dan pelaku bahkan tidak mengenal satu sama lain. Sehingga sulit untuk dilakukan penindakan. “Kadang korban mendapat bullying juga dari anonim. Mau dilacak tiba-tiba sudah inactive akunnya. Jadi susah,” lanjut gadis kelahiran Jogjakarta, 6 Agustus 1996 ini.

Baca juga:  Inda Daneshwara Jadi Worshiper dan MC Beda Rasa

Untuk meminimalkan kejadian tersebut, gadis yang hobi membaca ini rutin mengingatkan untuk mengedukasi diri. Terutama bagi orang sekitarnya. Sehingga mereka akan memiliki kontrol diri untuk selalu introspeksi. Termasuk mencegah memperlakukan orang dengan seenaknya.

“Pencegahan memang harus dari diri sendiri. Karena seringkali kita tidak sadar menjadi pelaku atau korban bullying,” tegasnya.

Tak lupa dirinya berpesan. Jika sudah terjadi bullying, maka secepatnya baik korban ataupun pelaku untuk bangkit. Korban jangan takut untuk melapor dan mencari bantuan. Sebaliknya, pelaku harus mulai sadar dan memperbaiki kesalahan yang dibuatnya. Sehingga sama-sama bisa memperbaiki diri dan menemukan kedamaian.

“Saya ingin semua memiliki pemikiran ini. Perlakukan orang sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Saya yakin itu cara paling ampuh mencegah cyber bullying,” katanya. (akm/aro)

Baca juga:  Lydia Katarina, Kuliah sambil Jadi Make up Artist

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya