alexametrics

Belajar Bahasa Inggris lewat Lagu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ADA banyak cara untuk belajar. Salah satunya dengan menonton film dan mendengarkan lagu. Begitulah cara Shafira Salsa Hadiyani belajar bahasa Inggris. Ia mengungkapkan bahwa dulu dia memiliki kesulitan berbahasa Inggris.

“Aku waktu SD ngerjain soal ulangan bahasa Inggris nggak bisa sama sekali,” ungkap dara yang akrab dipanggil Yayak ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Gadis kelahiran 15 Desember 1998 ini juga mengungkapkan dirinya kemudian belajar bahasa Inggris lewat lagu.  “Aku dulu suka banget lagu Michael Jackson yang judulnya Heal the World. Terus akhirnya aku cari tahu artinya di kamus. Nah, ini trik yang nggak aku sadari. Aku bisa tambah kosakata dari ngartiin lagu-lagu barat itu,” lanjutnya.

Baca juga:  Pembelajaran Teks Prosedur melalui Voice Note di Masa Pandemi

Kecintaannya kepada bahasa Inggris kian bertambah. “Waktu SMA kelas 11 aku semakin tertarik dengan bahasa Inggris. Akhirnya aku mutusin buat kuliah jurusan Sastra Inggris,” jelas mahasiswi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang ini.

Selama kuliah, dirinya menambah ilmu bahasa Inggrisnya secara teori dan praktik. Ia sempat mengikuti lomba essay nasional dan juga lomba debat bahasa Inggris di kampusnya. “Enggak menang sih. Tapi setidaknya aku benar-benar sudah bisa menuangkan ilmu bahasa Inggris aku secara tertulis dan lisan,” ujar pecinta cheese tea ini.

Saat ini, ia dan beberapa rekannya sedang magang di Dejavato – sebuah organisasi non-pemerintah. Di sini ia menyebutkan bahwa kemampuan bahasa Inggrisnya terpakai secara maksimal. “Di Dejavato kan banyak orang asing yang datang ke Indonesia untuk menjadi relawan. Jadi, kami harus bisa berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa Inggris dengan baik,” tambahnya.

Baca juga:  Penggunaan Media Powtoon bagi Pembelajaran Bahasa Inggris

Hingga kini, dara yang hobi bernyanyi ini masih terus mendengarkan lagu-lagu barat sebagai media penambah kosakatanya. “Kosakata bahasa Inggris kan banyak banget gitu ya. Kalau ngehafal kamus, kayaknya nggak mungkin. Boring juga. Lirik-lirik lagu barat kan banyak penggunaan slang (bahasa gaul). Bertambah lagi deh ilmunya,” tuturnya. (mg5/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya