alexametrics

Hobi Masak Makanan Vegan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BANYAK tantangan yang harus dihadapi ketika memutuskan untuk menjadi vegan. Seperti yang dialami Fransisca Fortunata. Perempuan yang akrab disapa Sisca ini mantap jadi vegan sejak usia 13 tahun.

”Memang butuh keyakinan dan kemantapan,” kata perempuan ramah yang baru saja menyelesaikan S2-nya ini.

Mulanya, keputusannya ini disebabkan ada rasa tidak tega atas eksploitasi terhadap hewan. Selain itu, keputusannya menjadi vegan sebenarnya karena keinginan untuk hidup sehat.

”Dan benar, selama menjadi vegan, saya merasa tidak mudah sakit. Lebih bersemangat dalam menjalani hari. Dan satu lagi, menjadi vegan membuat saya merasa awet muda, hehe,” ujarnya menceritakan.

Sisca mengatakan, tidak susah untuk menjadi vegan. Namun juga tidak gampang. Awal mula menjadi vegan, ia katakan, berat badannya sempat turun hingga 10 kg. ”Tapi tidak menjadi persoalan. Karena jadi vegan sudah menjadi keputusan,” ujarnya.

Baca juga:  Ratih Kumala Sari, Bisnis Buket hingga Doodle Art

Salah satu tantangan yang harus dihadapi para vegan di antaranya adalah untuk menemukan tempat makan. Utamanya, ketika melakukan lawatan ke negeri orang. Saat seperti ini, Sisca harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencari tempat makan yang sesuai untuk para vegan.

Bahkan, perempuan yang bekerja di salah satu bank ternama ini pernah hanya makan nasi dengan keripik tempe dan keripik kentang saja karena tidak menemukan tempat makan vegan.

Saking susahnya, ia lebih memilih memasak sendiri makanan untuk dirinya. Sampai-sampai, saat ini, memasak makanan vegan menjadi hobinya. ”Tapi sekarang sebenarnya sudah banyak variasi makanan untuk para vegan yang tidak kalah nikmat,” kata dia.

Baca juga:  Kania Arda, Hasilkan Uang dari Beauty Vlog

Sejauh ini, berdasar yang ia alami, menjadi vegan dinilainya baik untuk diri sediri dan lingkungan. Sehingga, keputusannya ini akan terus dipertahankan. Ia pun menantang untuk mencoba menjadi vegan, bagi yang belum pernah merasakan. Sebab, ia katakan, menyenangkan dan menyehatkan.

”Vegan adalah diet yang hanya memakan makanan dari tanaman, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sebaliknya, tidak memakan makanan yang bersumber dari hewan,” jelasnya. (sga/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya