alexametrics

Tari Pengobat Stres

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Banyak orang mencintai kebudayaan tari namun tidak sedikit pula yang memandang tari hal yang membosankan. Ini dirasakan Maharani Hares Kaeksi, dara muda yang sedang menyelesaikan sekolah Magister di Universitas Gajah Mada program studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa.

Perempuan asli Semarang ini sudah mengenal tari usia 2 tahun. Maharani merasa beruntung karena keluarga mendukung hobinya itu. Mulai kelas 3 SD ia sudah dititipkan ke sanggar tari yang kebetulan dekat dengan rumahnya. Setiap hari selalu pergi ke sanggar meskipun tidak ada les tari di hari itu.

“Kecewa kalau ada orang yang bilang tari itu biasa saja, hanya orang yang bergerak. Tetapi perlu diketahui, tari sendiri bisa menenangkan pikiran yang menumpuk atau sering disebut stres. Saya mulai lebih mencintai tari dari manfaat tersebut,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang usai mengajar tari.

Baca juga:  Eriska Septiana, Bisnis Kopi dan Gula Aren

Gadis kelahiran 28 Mei 1994 ini menilai, dengan menari serasa berkeliling Indonesia. Banyak sekali ilmu baru yang didapatkannya. Lomba-lomba tari pun disasaknya. Hingga suatu ketika perempuan penggemar nasi goreng gerobak ini diajak menari hingga ke luar negeri, Malaysia, Korea Selatan, Singapura hingga Suriname.

“Paling berkesan menari membawa kebudayaan Indonesia hingga ke negara lain. Suriname yang memang terkenal dengan kebudayaan mirip dengan kita Indonesia khususnya Jawa, mereka juga tertarik,” curhatnya sambil memperlihatkan dokumentasi kegiatan.

Dari pengalaman menari, ia juga memutuskan untuk melanjutkan kuliah agar bisa memperdalam ilmu tari. Perempuan 25 tahun ini bercita-cita memiliki sanggar tari sendiri. Bukan hanya kebudayaan Indonesia yang akan diajarkan di sanggarnya, segala macam tari dari seluruh dunia akan ditularkan. “Pasti lah memperdalam ilmu tari hingga intinya. Sanggar saya nanti tidak hanya untuk orang yang ingin belajar tari saja tetapi bisa juga belajar ilmu asal tari itu sendiri, mirip museum tari kali ya,” celetuknya sambil tertawa. (ria/ton)

Baca juga:  Ratu Wardah Ayu Sa'adah, Hobi Menggambar, Datangkan Rezeki

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya