alexametrics

Pemandu Museum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BAGI Tri Lestari Budi Rahayu, bekerja sebagai pemandu di Muesum Ranggawarsita Jawa Tengah merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Sebab, dirinya bisa memberikan edukasi kepada pengunjung, sekaligus mengamalkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan.

Wanita lajang yang akrab disapa Tata ini adalah lulusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip. Sebelumnya, Tata malang-melintang bekerja di perbankan hingga menjadi call center di salah satu diler yang ada di Semarang.

“Tahun 2018 lalu bisa dibilang saya kembali ke jalan yang benar, sesuai dengan bidang yang saya geluti dulu saat kuliah. Yakni, memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan sejarah,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Tata mengaku, setelah lulus kuliah beberapa tahun lalu, pada 2018 itulah ia memiliki kesempatan untuk menekuni pekerjaan yang berhubungan dengan sejarah. Singkat cerita, wanita kelahiran Semarang 24 November 1990 ini mengikuti seleksi sebagai pemandu di Museum Ranggawarsita Jawa Tengah. “Setelah diterima tentu sangat bangga, bisa mengamalkan ilmu yang saya geluti dulu,” tuturnya.

Baca juga:  Jadi Wanita Tangguh Berkat Taekwondo

Sebagai seorang pemandu museum, Tata mengaku memiliki berbagai pengalaman yang menarik, di antaranya mengenal berbagai komunitas, serta bisa bertemu dengan pengunjung yang ingin datang ke museum. Mulai dari anak kecil hingga orang tua sekalipun. “Datang ke museum, menurut orang yang datang bisa menambah ilmu dan tahu tentang sejarah bahkan perabadaban suatu bangsa,” jelasnya.

Ia telah menjadi pemandu kurang lebih satu tahun. Tata mengaku terus belajar meskipun memiliki background lulusan Ilmu Sejarah. Ia setiap hari memelajari koleksi yang ada di museum, karena memang memiliki story line atau garis yang berhubungan antara koleksi satu dan lainnya.

“Saya terus belajar dan coba memahami koleksi, termasuk ceritanya bagaimana? Nggak cuman ngapalin aja. Memang ilmu pengetahuan termasuk sejarah ini perlu di-update,” tutupnya. (den/aro)

Baca juga:  Aliyatus Sariroh, Amalkan Ilmu Bagi Orang Lain

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya