alexametrics

Usia Ribuan Tenaga Pendidik Rawan Tertular Covid-19

Vaksinasi Tenaga Pengajar Sangat Diperlukan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menyongsong pembelajaran tatap muka yang segera dilakukan, menjadi angin segar, sekaligus mengkhawatirkan. Sebab, jika tenaga pendidik tidak segera mendapatkan vaksin, rawan tertular juga. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Maria Novena Sinduwara dengan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (DPKPO) Kabupaten Semarang, Sukaton Puryono.

Bagaimana dengan rencana vaksinasi tenaga pendidik di Kabupaten Semarang?
Belum ada kabar. Entah mau dilakukan kapan. Karena memang belum ada informasi resminya. Namun kalau soal data, insyaallah kami siap. Sudah dari kemarin teman-teman guru di masing-masing sekolah menyesuaikan data diri yang dimilikinya.

Seberapa penting vaksinasi bagi tenaga pendidik?
Kalau yang ini sudah jangan ditanya. Sangat penting. Apalagi jika ke depannya pembelajaran tatap muka dilakukan kembali. Kami tentu berharap, pemerintah bisa mempertimbangkan lebih cepat. Jangan sampai nantinya sekolah menjadi klaster baru atau zona merah penularan. Jika dilihat dari rentang usia tenaga pendidik, sebagian besar usia yang rawan tertular.

Baca juga:  Boleh Bayar Zakat Fitrah Tanpa Ijab Kabul

Bagaimana kondisi sekolah di Kabupaten Semarang setelah satu tahun masa pandemi Covid-19?
Alhamdulillah, seluruh sekolah di Kabupaten Semarang tidak ada yang menjadi tempat penularan Covid-19. Ini karena tidak ada aktivitas di sekolah. Kalau untuk kasus anak sekolah positif tidak ada, dan memang jangan ada. Tapi kalau untuk guru, iya ada dua kasus dan sudah sembuh sekarang. Hingga saat ini yang melakukan sekolah tatap muka baru SMP kelas IX dan SD kelas VI. Sisanya semua masih daring. Terberat kami ada di kelas satu, dua, dan tiga SD. Sekolahnya seminggu dua kali. Karena memang tidak dimungkinkan untuk setiap hari. Inovasi yang dilakukan guru melakukan home visit, datang memantau siswa langsung ke rumah siswa. Tapi kembali lagi tidak bisa intensif.

Baca juga:  Tamu Undangan Tak Boleh Menyumbang Lagu

Berapa jumlah tenaga pendidik di Kabupaten Semarang saat ini?
Ada puluhan ribu. Untuk yang ASN sekitar 8.000. Belum yang honorer. Semoga saja setelah ini tenaga pendidik menjadi sasaran vaksinasi selanjutnya.

Apa imbauan untuk para tenaga pendidik di Kabupaten Semarang?
Diizinkannya sekolah tatap muka memang menjadi angin segar untuk para tenaga pendidik. Namun harus tetap tegas kepada anak-anak terkait kepatuhan protokol kesehatan (prokes). Terutama untuk SD. Kami pun yakin bapak/ibu guru bisa bekerjasama dengan situasi. Memang harus kerja ikhlas. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya