alexametrics

Pengamanan Pilkada Lebih Ekstra pada Penerapan Prokes

Menjaga Keamanan Pilkada Kota Magelang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Polres Magelang mulai melakukan operasi untuk mengantisipasi kejahatan yang dapat mengganggu keamanan Pilkada Kota Magelang. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Rofik Syarif G.P dengan Kepala Polres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan.

Sejauhmana pengamanan Pilkada Kota Magelang 9 Desember mendatang?

Saat ini kami sudah melakukan upaya pencegahan terjadinya kejahatan yang berkaitan dengan pilkada. Di antaranya, operasi pengamanan pilkada serta sosialisasi kepada masyarakat. Dengan operasi ini, tujuannya agar tidak munculnya kejahatan, baik kejahatan secara fisik maupun kejahatan dunia maya berkaitan dengan pilkada. Selain itu, kami terus berkoordinasi dengan KPU Kota Magelang dan Bawaslu Kota Magelang mengenai pencegahan kejahatan selama pilkada serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Terutama di masa pandemi Covid-19, perlu adanya tindakan ekstra dalam pengamanan, pencegahan, dan sosialisasi kepada masyarakat baik terkait pilkada maupun penerapan protokol kesehatan di Kota Magelang.

Baca juga:  Deportasi Pengungsi Terkendala Pandemi Covid-19

Kendala selama proses pengamanan persiapan Pilkada?

Kendala selama persiapan pilkada tidak terlalu banyak. Namun tantangan terbesar kami adalah Covid-19. Masih ada beberapa masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Hal ini menjadi kendala kami dalam persiapan keamanan Pilkada Kota Magelang.

Kami selalu memberikan sosialisasi dan diskusi serta menerima aspirasi berbagai pihak. Kami rutin melakukan kunjungan dan pengamanan ke setiap posko para pendukung masing-masing calon. Kami selalu mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Apa antisipasi tindak kejahatan?

Kami melakukan pengamanan selama jalannya debat maupun operasi kamtibmas di Kota Magelang. Hal tersebut sudah kami pantau dan antisipasi, untuk mencegah terjadinya pelanggaran atau kejahatan terutama perbedaan pendapat atau konflik antarpendukung calon.

Baca juga:  Pangkas Dana Rp 10,3 M untuk Penanganan Covid-19

Imbauan untuk masyarakat saat ini?

Kami mengimbau kepada para pendukung kedua pasangan calon untuk tetap tenang dan selalu mematuhi aturan penyelenggaraan pilkada tahun 2020. Jika ada informasi yang belum ada kebenarannya, agar melakukan klarifikasi atau melaporkan kepada pihak Polres Magelang Kota. Sehingga kami bisa membantu cek apakah informasi tersebut benar atau tidak, jangan sampai melakukan tindakan main hakim sendiri yang dapat mengarah pada tindak kejahatan atau pelanggaran. Kepada para pendukung, gunakanlah hak pilihnya dan selalu patuhi protokol kesehatan. (cr1/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya