alexametrics

Siapkan Pelayanan Penanggulangan Bencana Merapi

Bangun Sinergi dengan Relawan dan Instansi Lain

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Status Gunung Merapi meningkat siaga level 3, berbagai langkah penanggulangan dilakukan mulai dari evakuasi, pemantauan rutin hingga mengantisipasi kemungkinan erupsi. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Luqman Sulistiyawan dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto.

Bagaimana persiapan penanggulangan bencana di Gunung Merapi saat ini?

Saat ini kami sudah melakukan evakuasi warga di sekitar lereng Gunung Merapi yang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) III yaitu Desa Krinjing, Paten dan Ngargomulyo. Selain itu, kami terus berkoordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengenai status terkini dari Gunung Merapi.

Apa kendala selama proses evakuasi di Gunung Merapi Siaga III?

Baca juga:  Teknis Pencoblosan Kemungkinan Besar Berubah

Kendala tidak terlalu banyak, paling hal kecil seperti koordinasi di lapangan saja. Kalau lainnya tidak ada. Karena relawan sudah memiliki inisiatif tinggi sehingga kami dari BPBD tinggal mengakomodasi. Saat ini di lapangan banyak elemen, mulai dari relawan, masyarakat, maupun instansi.

Bagaimana penanganan warga di lereng Gunung Merapi yang sudah dievakuasi ke lokasi pengungsian?

Kami selalu memberikan pelayanan terbaik dengan memperhatikan beberapa sektor, mulai sektor dapur umum, logistik, kesehatan, evakuasi dan transportasi, sampai sektor komunikasi dan informasi. Kami berharap, bisa memenuhi kebutuhan para pengungsi yang mayoritas anak-anak, ibu hamil dan lansia. Apalagi di musim pandemi Covid-19 seperti ini, kami harus menyosialisasikan pola hidup sehat agar tidak terpapar Covid-19. Tentu dalam melakukan itu semua, kami bersinergi dengan berbagai relawan maupun instansi.

Baca juga:  Sengaja Jual Beli Satwa Liar di Tempat Umum untuk Mengelabui Petugas

Jika Gunung Merapi statusnya naik, apa rencana yang akan dilakukan?

Kami sudah mengantisipasi jika Gunung Merapi aktivitasnya naik. Termasuk dengan melakukan evakuasi lanjutan. Pada dasarnya, hal tersebut sudah kami persiapkan karena setiap hari mendapat update kondisi Gunung Merapi dari BPPTKG. Kami juga menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dalam penanggulangan bencana Gunung Merapi.

Imbauan untuk masyarakat saat?

Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan selalu cek informasi tentang Gunung Merapi dari sumber resmi yaitu BPPTKG atau mengonfirmasi ke BPBD. Karena setiap hari pasti informasi dari Gunung Merapi diperbarui, jangan sampai termakan oleh berita hoaks. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya