alexametrics

Permudah Pengiriman Tilang Warga Pinggiran dan Luar Kendal

Kejari Kendal MoU dengan Kantor Pos

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID –Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal memiliki cara hemat untuk para pelanggar lalu lintas. Dengan mempermudah pembayaran denda dan pengiriman barang bukti pelanggaran (tilang) melalui kantor pos. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Budi Setiyawan dengan Kepala Kejari Kendal Ronaldwin SH.

Ada terobosan baru yang ditempuh Kejari Kendal dalam layanan tilang?

Ada dua layanan. Pertama, pembayaran denda tilang melalui Bank BRI. Kedua, Kejari Kendal telah membuat kesepakatan bersama dengan Kantor Pos, dalam hal pembayaran denda sekaligus pengiriman barang-barang tilang.

Apa manfaatnya kedua layanan tersebut bagi masyarakat terkait?

Manfaatnya, masyarakat lebih mudah membayar, karena tidak harus mengantre di kantor Kejari Kendal. Jadi yang kena tilang tidak lagi membayar denda di Kejari Kendal, cukup membayarnya di Bank BRI. Kami tidak lagi menerima uang. Hal ini untuk memastikan uang denda masuk ke kas negara.

Baca juga:  Bukti Tilang Dikirim ke Alamat Pemilik

Pembayaran dan pengirimannya melalui Kantor Pos seperti apa?

Kami Kejari Kendal menggelar kesepakatan bersama (MoU) dengan PT Pos Indonesia. Yakni untuk pembayaran serta pengiriman barang tilang. Tapi sejauh ini masih untuk dokumen, terutama SIM dan STNK. Setelah pelanggar lalu lintas membayar denda di Kantor Pos, maka barang tilang akan kami kirim ke alamat penerima. Sehingga tidak usah datang ke kantor Kejari Kendal.

Kemudahan pembayaran dan pengiriman tilang ini diperuntukkan siapa?

Layanan ini untuk semua, termasuk warga Kendal dan luar Kendal. Terutama yang rumahnya jauh dari perkotaan. Jadi lebih mudah, tidak harus datang ke Kantor Kejari Kendal lagi, dan BB tilang akan kami kirim ke rumah. Dengan kesibukan karena pekerjaan, mereka yang sulit datang ke Kendal hanya untuk sidang tilang saja. Maka mereka bisa datang ke Kantor Pos terdekat di wilayahnya untuk melakukan pembayaran. Setelah dibayar, Pos akan mengirimkan bukti pembayarannya kepada Kantor Pos Kendal. Kemudian akan diteruskan ke Kejari Kendal melalui sistem online. Kemudian kami akan mengirimkan melalui Kantor Pos Kendal barang tilang ke alamat penerima. (*/ida)

Baca juga:  Fokus Jaga di Batas Kota, Exit Tol dan Tiga Pos

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya