alexametrics

Tahun Depan, Alokasikan Rp 80 Miliar untuk GOR Jatidiri

Bincang Pembangunan GOR Jatidiri dengan Sinoeng N Rachmadi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pemprov Jawa Tengah terus mengebut penyelesaian pembangunan GOR Jatidiri Semarang. Tahun 2021 sudah dialokasikan anggaran Rp 80 miliar untuk kawasan tersebut. Berikut bincang-bincang Jurnalis Jawa Pos Radar Semarang Miftahul A’la dengan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi.

Bagaimana perkembangan pembangunan GOR Jatidiri?
Untuk prosesnya sekarang sudah 75 persen. Sebenarnya target awalnya harus selesai 2021. Tapi karena pandemi terpaksa tidak sesuai target mengingat sepanjang 2020 semua pekerjaan berhenti. Sejak Maret lalu praktis menghentikan berbagai proses pembangunan aset nasional, termasuk Stadion Jatidiri. Baru di (APBD) perubahan mulai dianggarkan untuk beberapa penataan kawasan tersebut.
Tapi nanti 2021 pembangunan akan kembali dikerjakan dan dikebut. Pemprov sudah mengalokasikan anggaran Rp 80 miliar. Sekarang tinggal penyelesaian bagian-bagian kecil yang ada di kawasan Jatidiri. Termasuk beberapa landscape, tribun dan lainnya. Untuk targetnya 2021 sudah selesai semua.

Baca juga:  Konsumsi Air Tanah Bisa Bahaya, Jika Tak Diiringi Penghijauan

Apakah sudah bisa digunakan untuk kegiatan?
Sementara belum bisa dan masih tertutup karena proses pembangunan masih berlangsung. Prosesnya kan masih cukup panjang karena proyeksi kami memang kawasan Jatidiri harus menjadi ikon di Jawa Tengah. Apalagi proyeksinya, stadion tersebut akan bertaraf internasional. Sehingga semua harus melalui berbagai standar yang sudah ditentukan.
Tahun depan menyelesaikan pembangunan yang belum rampung. Misalmya atap sisi barat, landscaping, lampu stadion, dan area pemanasan atletik. Harapannya secara fungsional, stadion bisa dipakai pada 2021.

Fasilitas apa saja dalam pembangunan kawasan tersebut?
Memang kami ingin membuat sarana olahraga semakin bagus untuk mendukung prestasi. Untuk Stadion Jatidiri kini disulap menjadi megah dan besar. Tribun penonton ada tiga tingkat, seluruhnya single seat, dengan daya tampung mencapai 45 ribu penonton.
Selain itu, rumput lapangan berkualitas dengan jenis Zoysia Japonica, total pencahayaan mencapai 1.800 KVA dengan back-up power genset. Lintasan atletik sebanyak delapan trek, lift untuk tribune VVIP, hingga parkir dengan sistem digital. Tidak hanya stadion tetapi juga fasilitas olahraga renang, lapangan serta fasilitas cabang olahraga lainnya.

Baca juga:  Tekan Terjadinya Kekerasan Anak, Perlu Kesadaran Bersama

Apa harapan dengan pembangunan megah Jatidiri?
Ya ada harapan besar di dunia olahraga di Jawa Tengah. Pembangunan dan renovasi sejumlah fasilitas olahraga di GOR Jatidiri Semarang diharapkan dapat memacu semangat para atlet di Jawa Tengah. Semua atlet diharapkan bisa semakin termotivasi untuk berprestasi dan membawa nama harum Jawa Tengah.

Dengan adanya GOR Jatidiri tentu akan lebih memudahkan atlet berlatih dan mengasah kemampuannya. Bagaimanapun prestasi olahraga harus didukung dengan infrastruktur yang memadai. (*/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya