alexametrics

Tumbuhkan Gotong Royong di Tengah Pandemi

Tingkatkan Semangat Persaudaraan dan Membantu Sesama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Gotong royong menjadi kunci keberhasilan Indonesia bangkit dari pandemi Covid-19. Terutama menghadapi dan menjalani era New Normal. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Budi Setiyawan dengan Anggota MPR RI Dr H A Mujib Rohmat MH di sela sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Aula Kecamatan Singorojo.

Sejauhmana gotong-royong menjadi kunci keberhasilan di era New Normal?
Gotong-royong merupakan nilai dasar Bangsa Indonesia. Harus menjadi panduan dan nilai yang mampu menjawab tantangan zaman dan dinamika bangsa kekinian yang sedang menghadapai wabah Covid-19.
Selama ini, bangsa Indonesia telah melewati segala perubahan zaman sejak era kemerdekaan hingga sekarang ini. Kuncinya pada semangat gotong royong. Di saat ini, Indonesia dan bangsa-bangsa di dunia sedang menghadapai wabah Covid-19, semangat gotong royonglah yang perlu digelorakan dan diperkuat.

Baca juga:  Jateng Dilanda Fenomena Rossby Ekuatorial dan Madden Jullian Oscillation

Apa yang harus dikedepankan dalam semangat gotong-royong saat ini?
Di era new normal ini, kita dengan sesama anak bangsa tidak boleh bersikap egoistis dan hanya mementingkan diri sendiri. Justru yang dibutuhkan oleh bangsa ini adalah semangat saling membantu. Seperti pepatah, berat sama dipikul ringan sama dijinjing.
Pun dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Seluruh elemen bangsa harus mempunyai cara berpikir bahwa mengatasi pandemi Covid-19 adalah dengan kebersamaan antarmasyarakat dan bukan hanya kewajiban pemerintah saja. Di era new normal, sesama anak bangsa seharusnya menjadikan gotong rotong sebagai hal yang utama.

Keunggulan dan keutamaan dari gotong-royong apa?
Pancasila harus dihadirkan dalam setiap dinamika perkembangan zaman bangsa Indonesia. Termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan memupuk semangat dan jiwa gotong royong. Sebab gotong royong ini mampu menumbuhkan rasa persaudaraan, rasa toleransi sesama dan setelah itu tumbuh rasa kebersamaan untuk memajukan bangsa dan negara.

Baca juga:  Bangun PLTSa Pakai Sistem KPBU

Contoh kecil gotong-royong yang bisa diterapkan masyarakat di era new normal ini?
Yakni dengan membantu warga yang kurang mampu. Mereka yang memiliki kelebihan harta dan tenaga membantu mereka yang sedang kesusahan. Sebab, tak sedikit warga yang terkena PHK, bangkrut usahanya dan sebagainya. Perbankan bisa memberikan kemudahan pinjaman modal dengan bunga lunak sehingga mereka yang bangkrut bisa bangkit lagi.
Pemerintah bisa memberikan solusi melalui pelatihan ekonomi kreatif. Sehingga produk-produk bisa dipasarkan melalui banyak cara baik online maupun offline. Ini penting agar ekonomi masyarakat bisa berjalan dan tumbuh lagi. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya