alexametrics

Waspadai Kebakaran di Musim Kemarau

Pemasangan Instalasi Listrik Serahkan Ahlinya dan Cek Kabel Rutin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kasus kebakaran kerap terjadi pada musim kemarau. Butuh kepedulian semua pihak untuk menjaga lingkungan masing-masing dengan meningkatkan kewaspadaan. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang M Hariyanto dengan Kabid Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang Trijoto Poejo Sakti.

Kasus kebakaran hampir setiap hari terjadi di wilayah Kota Semarang. Sudah berapa banyak kejadian kebakaran di tahun 2020 ini?
Kasus kebakaran sampai Juni 2020 sudah lebih dari 80 kejadian kebakaran. Untuk kebakaran ilalang ada sembilan kejadian kebakaran. Kalau korban jiwa, ada 5 orang luka bakar, satunya meninggal dunia pas kejadian di Kemijen.

Apa faktor penyebab terjadinya kebakaran?
Penyebabnya macam-macam. Pertama, karena pemasangan instalasi listrik yang sebagian besar dilakukan oleh orang yang belum punya kompetensi. Kedua, kabel sudah kadaluwarsa tidak standard SNI atau kabel tidak berkualitas dan kelebihan beban. Selain itu, dikarenakan adanya beban atau penumpukan saklar yang over load.

Baca juga:  Butuh Komitmen dan Dukungan Regulasi yang Jelas

Cara mengantisipasi munculnya api akibat korsleting listrik?
Imbauan kepada masyarakat, kalau penyebab utamanya listrik, ya instalasi kelistrikan dilakukan pengecekan secara berkala. Paling minim tiga bulan sekali, sampai setahun sekali. Kita juga harus bijak, jangan menggunakan listrik secara berlebihan.
Apa saja faktor lain penyebab kebakaran rumah atau ilalang?
Kalau masak kemudian ditinggal-tinggal, akhirnya lupa mematikan kompor gas, itu menyebabkan kebakaran. Jangan bakar-bakar sampah sembarangan. Alangkah baiknya dikumpulkan dan dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Apa kendala petugas dalam melakukan upaya pemadaman?
Kendalanya sekarang ini banyak sumur dan hidrant yang tidak berfungsi. Kalau tidak ada sumur, akhirnya mengambil air seadanya, bisa juga dari sungai.

Baca juga:  Tempatkan Pasien Satu Blok, Berikan Asupan Air Zam-Zam

Sejauh mana fasilitas yang dimiliki oleh Dinas Damkar?
Seharusnya dinas pemadam kebakaran juga punya alat laboratorium untuk investigasi pasca adanya kejadian kebakaran. Semacam Inafis Kepolisian, karena nanti untuk pelaporan. Selain menangani kebakaran, Dinas Damkar harusnya menangani gas beracun, tapi kami saat ini belum punya itu. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya