alexametrics

Program Buruh Jadi Pengusaha Perlu Diambil

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di Jawa Tengah hampir 45.000 buruh di dirumahkan akibat dari penyebaran co Tingginya angka gelombang PHK yang berdampak pada kaum buruh ini dinilai paling berat dibanding sektor yang lain. Berikut Bincang-Bincang Jurnalis Jawa Pos Radar Semarang dengan Anggota Komisi C DRPD Jawa Tengah Riyono.

Seberapa besar dampak ekonomi dengan dirumahkannya puluhan ribu buruh di Jawa Tengah?
Gelombang PHK di Jawa Tengah sudah sangat meresahkan. Apalagi selama ini buruh ketergantungan pada pendapatan tunggal menjadi pilihan yang sulit bagi kaum buruh maupun kalangan industri. Jumlahnya juga tak sedikit jika Maret lalu ada sekitar 24 ribu yang terdampak. Saat ini sudah mencapai 45 ribu yang dirumahkan.
Dampak wabah virus korona membuat perekonomian nasional lesu. Tak sedikit perusahaan yang tak kuat bertahan dan akhirnya merumahkan karyawannya Kondisi tersebut jelas harus segera dicarikan solusi bersama.
Kehadiran pemerintah dan investor sangat diharapkan bisa membantu. Jangan sampai buruh terus dirumahkan apalagi mereka mempunyai keluarga dan hanya mengandalkan pendapatan menjadi buruh. Jika ini terus terjadi tentu akan semakin menambah angka kemiskinan di Jateng.

Baca juga:  Semarang Mulai Terapkan E-retribusi.

Menyikapi gelombang PHK yang besar, apa yang harus dilakukan Pemprov maupun pemerintah daerah?
Pemerintah harus bergerak cepat dan paling tidak membuat langkah jangka pendek, menengah dan jangka pendek untuk buruh. Langkah jangka pendek dengan memberikan bantuan sosial (bansos) untuk buruh. Ini bisa menjadi solusi untuk membuat buruh tetap bertahan
Langkah jangka menengah melalui penguatan daya tahan keluarga buruh melalui ketersedian pangan. Untuk jangka panjang pilihannya adalah membuat buruh produktif dengan membuat usaha baru. Ibaratnya jangan terus menerus memberikan ikan, tapi berilah mereka kail. Sehingga bisa mencari dan mengembangkan ekonomi ke depan.

Program apa yang bisa dilakukan mengingat kondisi ekonomi sulit?
Makanya butuh stimulus dan peran serta dari pemerintah. Dalam hitungan saya Program Buruh Jadi Pengusaha ini dapat memberi dampak nyata bagi pemulihan ekonomi dikalangan rakyat kecil dan menengah. Program tersebut berupa penyiapan dan pemberian modal kerja bagi buruh pasca korona berbasis usaha kecil dan menengah sektor pertanian atau kuliner.
Kita kalkulasi kebutuhan modalnya, kalau ada 10.000 buruh yang siap dan nantinya membangun usaha bersama dengan buruh yang lain. dan diberikan Modal 5 – 10 juta untuk memulai usaha maka perlu disiapkan dana 50 – 100 M untuk modal usaha para buruh. Ini akan bermanfaat, Agar setelah korona berakhir para buruh tidak terlalu hilang arah karena kehilangan mata pencaharian.

Baca juga:  Gangguan Jiwa Sering Dianggap Kena Guna-Guna

Lalu bagaimana implementasinya dalam menerapkan program di lapangan?
Ya Pemerintah harus mengajak berbagai serikat pekerja untuk membuat program tersebut. Karena mereka yang mengetahui lebih detail kondisi yang dihadapi buruh. Jadi nanti bisa dilakukan pendataan secara rinci program buruh jadi pengusaha diberikan kepada siapa saja.
Keluhan buruh memang tidak semua bisa dipenuhi. Namun dengan berpegang pada prinsip bahwa negara wajib hadir dalam bentuk ide serta infrastruktur, sesuaiamanah Undang – undang. Sehinga buruh juga merasa diayomi dan diperhatikan pemerintah. (*/Ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya