alexametrics

Tempatkan Pasien Satu Blok, Berikan Asupan Air Zam-Zam

Kunci Kesembuhan Pasien Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KMRT Wongsonegoro adalah rumah sakit yang melayani paling banyak pasien covid-19 setelah RSUP dr Kariadi. Beberapa waktu lalu, berita kesembuhan pasien covid-19 tentunya membawa kabar baik. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Alvi Nur Janah dengan Direktur Rumah Sakit KMRT Wongsonegoro dr Susi Herawati.

Bagaimana penanganan tenaga kesehatan terhadap pasien covid-19?
Sampai hari ini, data pasien yang sembuh dirawat di RS Wongsonegoro berjumlah sembilan. Dalam merawat pasien, setiap pagi kami ajak untuk senam pagi. Kemudian saling berkonsultasi dengan para psikolog, agar kondisi psikis mereka tetap tenang. Kegiatan rutin seperti memberi vitamin, madu dan susu. Menyambut Ramadan, asupan makanan kami tambah dengan air zam-zam dan madu. Jika asupan tetap terjaga dan rajin berolahraga, otomatis imunitas akan meningkat. Hal tersebut akan mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga:  Pastikan Tak Ada Pemungutan Uang Gedung dan Seragam

Sejauh mana ruangan khusus untuk pasien covid-19?
Ruangan khusus untuk covid-9 ada di ruang Arjuna 1, 2, dan ruang Banowati. Ini semua dalam satu blok. Memang kami harus membagi dalam cluster, karena ini penyakit yang sangat menular. Harapannya agar tidak menyebabkan kecemasan bagi yang lain. Kami juga ada di Intensive Care Unit (ICU) yang khusus untuk isolasi pasien covid-19. Selain itu, ada High Care Unit (HCU) yang difungsikan untuk perawatan dan ICU. Ada juga ruangan IGD untuk isolasi, khusus pasien yang ter-suspect atau PDP. Prinsip kami, jangan sampai pasien non-covid justru terinfeksi.

Selain untuk pasien, apa self defense atau perlindungan diri bagi tenaga kesehatan?
Tenaga kesehatan adalah orang yang berhubungan langsung dengan pasien. Baik pasien ODP, PDP dan positif. Mereka mempertaruhkan nyawa demi menolong sesama. Menjalankan protokoler kesehatan, dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) yang paling utama. Mereka diajak untuk terus bergerak bersama, saling bahu membahu satu sama lain. Kami selalu menanamkan dalam hati, untuk bekerja dengan sukacita. Ini sudah menjadi tugas yang diberikan oleh Tuhan YME. Selain itu, penanganan pasien sebagai bentuk implementasi keilmuwan di saat pengambilan sumpah dan janji pengangkatan.

Baca juga:  Permudah Pengiriman Tilang Warga Pinggiran dan Luar Kendal

Apa imbuan kepada masyarakat terkait pandemi covid-19?
Secara teori, kami sudah tahu cara mengatasi covid-19. Namun tanpa kami sadari, semakin hari virus semakin berkembang. Penularan utamanya lewat droplet atau tetesan kecil dari si penderita. Bagi yang masih sehat, saya minta untuk tetap stay at home, selalu memakai masker dan selalu cuci tangan. Bagi pasien covid-19, usahakan selalu bersemangat dan selalu berdoa. Kami dibantu dengan dokter, perawat, ahli gizi melayani dengan ikhlas. Sesuai dengan slogan rumah sakit “Rawuh Lungkrah, Kondur Bungah (Datang Sakit, Pulang Bahagia).” (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya