alexametrics

Terkendala Venue, Terpaksa Gunakan Latihan Off Skate

Persiapan Cabor Sepatu Roda untuk PON Papua

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Cabang Olahraga (Cabor) Sepatu Roda merupakan salah satu tumpuan emas Jateng pada PON. Dan untuk latihan cabor tersebut memerlukan lapangan luas. Dengan keterbatasan akses saat pandemi covid-19, sulit mencari tempat latihan. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Dewi Akmalah dengan Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Sepatu Roda Indonesia (Porserosi) Erlangga Ardianza Wibowo.

Ada berapa jumlah atlet sepatu roda yang mengikuti Pelatda Perserosi?
Kita ada 15 atlet yang lolos PON. Tapi nanti akan kami seleksi kembali sampai terbentuk tim inti berjumlah 9 orang yang akan berangkat ke Papua. Ya kalau pandemi bisa segera berakhir, maksimal akhir Juli sudah terbantuk.

Bagaimana perkembangan pelaksanaan Pelatda di tengah pandemi seperti saat ini?
Sama seperti cabor lain. Kami mengikuti aturan pemerintah. Sementara semua atlet melakukan Pelatda disentralisasi dulu di rumah masing-masing. Tapi tidak libur ya, hanya pindah tempat latihan saja.

Baca juga:  Jateng Role Model Pengolahan Sampah menjadi Energi

Apa saja kendala yang dialami saat menerapkan program latihan seperti ini?
Begini. Cabor sepatu roda sendiri kan spesial. Kami tidak bisa seperti cabor lain yang bisa latihan di rumah saja. Sebab, untuk mengasah skill kita butuh berlatih di lapangan luas seperti di Jatidiri atau di jalan raya yang lebar. Tapi dengan pembatasan saat ini mau gimana lagi. Akses banyak ditutup. Atlet banyak yang mengeluhkan kesulitan mencari venue latihan. Saya rasa kendala cabor ini di tengah pandemi ya soal venue itu sendiri untuk latihan para atlet.

Apa yang anda lakukan untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut?
Yang pasti harus putar otak. Bagaimana cara atlet tetap latihan, tapi tidak perlu keluar rumah. Akhirnya kami menyuruh mereka untuk berlatih dengan off skate. Itu bisa menjadi alternatif meskipun hasilnya memang tidak terlalu baik.

Baca juga:  Dengan 3T, Kesembuhan Pasien Covid-19 Capai 90.8 Persen

Off skate sendiri itu apa?
Off Skate adalah model latihan tanpa menggunakan sepatu roda. Jadi atlet hanya perlu mempraktekkan simulasi gerakan sepatu roda dengan kaki mereka tanpa bantuan alat. Nantinya mereka tetap memakai halang rintang. Hanya saja melewatinya dengan kaki. Tanpa sepatu roda.

Bagaimana cara anda memantau program latihan atlet tersebut?
Mereka wajib mengirim video latihannya. Jadi saya tahu perkembangannya sampai mana. Soalnya kan setiap hari mereka juga diberi program latihan dari pelatih. Jadi, kalau ada yang tidak kirim video bisa diduga tidak menjalankan program tersebut. Siap-siap saja dicoret dari tim.

Meski banyak hambatan, apa harapan anda untuk tim Perserosi pada PON Papua nanti?
Yang pasti kami ingin dapat emas lebih dari dua. Dimana di Jawa Barat lalu bisa meraih itu. Meskipun persiapan terbatas seperti ini, saya yakin anak-anak telah siap. Dan optimistis bisa mengalahkan Jabar, DKI dan lainnya yang memang lawan terberat kita. Mengingat yang terkendala kan bukan hanya kita. Tapi semua daerah pun sama. (*/ida)

Baca juga:  Tarung Derajat Sumbang 11 Atlet PON

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya