alexametrics

Harapkan Masyarakat Miliki Tandon Air

PDAM Wonosobo Tingkatkan Jumlah Pelanggan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Aji Kabupaten Wonosobo telah mengagendakan rencana bisnis (Renbis) untuk lima tahun mendatang. Renbis ini untuk menggenjot potensi pendapatan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Sigit Rahmanto dengan Direktur Umum (Dirut) PDAM Tirta Aji Kabupaten Wonosobo, Muhamad Sjahid.

Penegasan apa dalam rencana bisnis PDAM 2020?
PDAM Tirta Aji dalam lima tahun ke depan mengharapkan ada visi yang sama untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada pelanggan. Terutama para stakeholder, baik pemerintah, pelanggan maupun karyawan PDAM.

Prioritas apa saja dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan?

Kami tetap berusaha mencukupi suplai air ke pelanggan. Terutama di Kecamatan Wonosobo yang merupakan kecamatan terkritis. Bersyukur, kami sudah mengakuisisi beberapa sumber mata air terbesar di Wonosobo. Kami berupaya menghidupkan mata air yang selama ini belum terpakai, yakni di Surojoyo, Kepil.
Kami juga melakukan pengiriman air lintas daerah ke Kabupaten Purworejo. Potensi besar lainnya ke Banjarnegara. Beberapa waktu lalu, Pemkab Banjarnegara sudah kesini hendak memanfaatkan sumber air di Pakuncen, Selomerto.

Baca juga:  Yang Berbeda, Regulasi dan Penganggaran Dibuat Sendiri

Kirim air ke daerah lain, apakah suplai air di penduduk Wonosobo sudah tercukupi?

Kami hanya melarikan kelebihan debit air ke daerah lain. Yakni, debit air yang memang tidak mungkin untuk suplai ke dalam kota.

Bukankan suplai air kerap tersendat, bahkan tidak mengalir hingga setengah jam?

Ya itu masalahnya. Kami ini seperti kolam susu. 10 menit saja mati, teriaknya sudah paling keras melebihi yang lain. Di luar kota, ada yang satu hari mengalir hanya dua jam, tidak masalah. Persoalannya, pelanggan jarang yang tandon air. Sehingga saat mati kelabakan. Kalau PDAM sendiri, tidak pernah kekurangan air. Karena itulah, kami berharap kepada warga atau pelanggan untuk memiliki tandon air.

Baca juga:  Efek Deklarasi Suriah Masih Terasa

Sejauh ini, berapa pelanggan PDAM di Wonosobo?

Jumlah pelanggan aktif sekitar 96 ribu. Kalau digabung dengan yang tidak aktif, sekitar 100 ribu lebih. Rencananya, setiap tahun akan kami tambah 4.100 pelanggan baru. Kami yakin mampu. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya