alexametrics

Targetkan Semarang Juara Umum Atletik Porprov 2022

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,- Hampir seluruh tim atletik kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami tren positif. Terbukti di berbagai kejuaraan, pemenangnya tidak hanya didominasi satu daerah, tapi hampir merata semua daerah. Lalu bagaimanakan kualitas atlet atletik

Kota Semarang yang notabene unggulan untuk menghadapi kebangkitan tersebut?

Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Dewi Akmalah dengan Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Kota Semarang Rusman Sayogo.

Bagaimana kondisi cabang olahraga atletik di Semarang saat ini?

Alhamdulillah sudah semakin maju. Banyak bibit atlet atletik muda yang mulai muncul. Mereka sudah bisa berprestasi. Saya kira Semarang masih tetap unggul dalam menciptakan atlet atletik berkualitas juara.

Apa saja program untuk memajukan cabor atletik tersebut?
Kami mendorong banyak pihak untuk membentuk klub atletik sendiri. Sehingga anak yang memiliki potensi mendapat pembinaan dengan benar. Semarang cukup intensif mencetak atlet baru. Saat ini, sudah ada lima hingga enam klub atletik di sini.

Baca juga:  Butuh Sikap Berani, Oknum yang Berikan Izin Harus Dicari

Bagaimana antusiasme anak Semarang untuk menjadi atlet atletik?

Sangat besar. Tiap tahun, anak yang ingin jadi atlet atletik selalu meningkat. Ini semua juga berkat kontribusi Dinas Pendidikan Kota Semarang yang memiliki program rutin memperkenalkan olahraga sejak dini ke siswa SD dan SMP. Hasilnya, semakin banyak anak yang berminat jadi atlet di masa depan.

Apa saja tantangan dalam pembinaan atlet atletik di Semarang?

Saya kira hampir seluruh cabor memiliki masalah yang sama, terkait anggaran. Sebab Pemkot Semarang saat ini masih berupaya melengkapi sarana prasarana dulu. Untuk cabor, dananya masih terbatas.

Sejauhmana peran pemerintah dalam mendukung pembibitan atlet tersebut?

Alhamdulillah, Pemkot Semarang sudah mulai peduli terhadap kemajuan olahraga di Semarang. Banyak sarana olahraga diperbaiki menjadi lebih baik. Bahkan GOR Tri Lomba Juang sudah direnovasi dan semakin bagus. Kami sarankan dipaving, Alhamdulillah dikabulkan. Ini menjadi modal penting bagi pembibitan atlet. Sebab hampir semua atlet atletik Semarang latihan di sini setiap harinya.

Baca juga:  Jalankan Pembinaan Atlet dengan Zoom Meeting

Apa target prestasi PASI Kota Semarang?

Tentu saja mempertahankan posisi juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) 2022 mendatang. Meski gagal jadi tuan rumah karena kalah dengan Pati Raya, harus tetap bisa mempertahankan gelar juara umum. Makanya, kami sedang melakukan pembinaan atlet lari jarak menengah dan jauh. Selama ini jumlah atlet Semarang yang turun pada nomor tersebut masih terbatas. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya