alexametrics

20 Tahun Hidup dari Komplain Tamu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Menjadi General Manager di sebuah hotel tentu persoalan mudah. Setiap hari harus bisa memberikan pelayanan terbaik. Jika tidak tentu akan mendapatkan komplain dari tamu yang datang.

Itulah yang dirasakan Tussi Iswandani selama 20 tahun berkarir di dunia perhotelan. Sebagai General Manager Hotel Ibis Semarang sudah terbiasa dengan komplain dari tamu hotel. “Jika ingin bekerja di perhotelan, harus harus siap di komplain. Ibaranya, hidup dari komplain tamu,” aku Tussi Iswandani kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Perempuan kelahiran 3 Januari 1970 ini mengaku banyak tantangan saat berkarir di dunia perhotelan. Bahkan, ia sempat kurang percaya diri saat melayani tamu. Apalagi jika tamu turis yang mengharuskan berkomunikasi dengan bahasa Inggris atau lainnya. Komplain dari tamu justru harus dijadikan sebagai pembelajaran dan motivasi untuk meningkatkan pelayanan.

Baca juga:  Okupansi Hotel Masih Rendah

“Jika ada komplain berarti ada sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman. Jadi jangan berdebat, segera minta maaf, dan harus bisa memperbaiki untuk terus memberikan pelayanan yang bagus,” akunya.

Karir Tussi Iswandani di perhotelan cukup moncer. Sebelum menjadi GM Ibis Simpang Lima Kota Semarang, pernah bekerja di Mercure Makassar Nexa Pettarani, Mercure BSD Tangerang, Mercure Bali Nusa Dua, Ibis Budget Jakarta Tanah Abang, dan Mercure Jakarta Simatupang. Bisa dikatakan hidupnya benar-benar untuk dunia perhotelan. “Sempat berkarir di bank 5 tahun. Setelah itu baru menjalani karir di hotel,” akunya.

Menjadi perempuan karir tentu bukan persoalan mudah. Saat awal bekerja di hotel orangtua sempat tidak mendapatkan dukungan orangtua. Ia bahkan menekuni karir dari bawah. Sebagai receptionist di hotel sejak tahun 1996. Dari situ, ia merasa senang dan menikmati pekerjaannya. Hingga akhirnya, karirnya terus naik dan mendapatkan berbagai macam pengetahuan, ilmu, dan training. Sekarang ia bekerja di Akor dan Ibis Simpang Lima sebagai General Manager (GM).

Baca juga:  Pantang Menyerah saat Jatuh dan Gagal

“Berkarir di dunia perhotelan harus memiliki komunikasi yang bagus. Bagaimana mengkomunikasikan dengan tamu secara baik dan selalu tersenyum. Sehingga apapun kondisinya bisa memberikan pelayanan yang baik,” tambahnya. (cr1/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya