alexametrics

Dari Hobi Traveling, Jadi Duta Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Empat tahun menyandang sebagai duta wisata Kota Semarang bukanlah persoalan mudah. Tidak sekedar mempromosikan pariwisata, tetapi harus cakap dan ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian pelaku UMKM. Disela kesibukan, gadis kelahiran Februari 1999 ini tetap melibatkan diri dalam berbagai kegiatan sosial.

Kenapa suka dengan traveling?

Sejak kecil saya sudah suka dengan traveling. Dulu kalo mbah ngajak ngereta/flight/trip kemana aja selalu excited. Bukan karena tujuannya, tapi karena journey atau perjalanan yang mengasyikan.

Banyak sekali yang didapatkan ketika traveling. Sebenernya lebih ke pengalaman dan temen baru. Sejujurnya lebih suka self-trip karena tidak senang ribet dan jadi ketemu orang baru atau ketemu teman jauh.

Pengalaman yang dihadapi selama traveling?

Banyak sih pengalaman dan tantangan kalau pas traveling. Kalau pas musim hujan atau pas di hari H tiba-tiba pusing lagi kambuh. Jadi pas berangkat kurang semangat. Padahal, sebenarnya setiap traveling saya selalu menyiapkan semua dengan cermat.

Baca juga:  Putri Maro Widyastuti, Majukan Desa lewat Pariwisata

Biasanya ketika bepergian kemana-mana selalu bawa obat. Seperti koyo, minyak kayu putih atau obat pusing. Gara-gara itu temen-temen sampai bilang kalau pas pergi selalu bilang saya bawa kantong doraemon. Karena apa aja ada. Memang semua harus dipersiapkan agar tidak mengganggu selama traveling.

Bagaimana pengalaman traveling bersama sang ibu?

Saya sama ibu suka banget traveling. Tidak harus jauh-jauh sih. Deket-deket aja, yang penting itu tadi, ‘the journey’. Apa yang kita temu selama perjalanan, apa yang kita dapat selama perjalanan, apa yang bikin kita excited tuh ada di journey nya.

Kadang kalau nginepnya di homestay gitu suka nongkrongin front office. Karena ya asik aja jadi punya pengetahuan tentang pariwisata dari sudut yang lain. Biasanya kalau pas senggang ajak traveling bareng keluarga. Jadi bisa sekalian bersama-sama sambil liburan bareng keluarga.

Baca juga:  Suka Hal Tabu, Sempat Stres Baca Komen Netizen

Pengalaman apa yang didapatkan selama menjadi Duta Wisata?

Pengalaman selama jadi duta wisata pasti seneng. Karena Alhamdulillah Allah Maha Baik, saya selalu dikasih kemudahan dari awal ikutan duta wisata. Empat tahun sudah menyandang sebagai duta wisata.

Senang banget dapet teman baru, pengalaman baru, ngerasain bertugas sambil jalan-jalan ke luar kota. Bahkan ke luar provinsi dan luar pulau.

Kenal dengan orang-orang hebat dibalik majunya pariwisata di Indonesia. Bisa berkesempatan untuk bertemu langsung dengan bapak menteri pariwisata Arief Yahya dan bapak menteri pariwisata Sandiaga Uno.

Satu lagi, kekuatan duta wisata itu sangat hebat. Selama jadi duta wisata selalu disambut dengan ramah dan asik. Terus terkadang kalau ke tempat mereka atau ke kota mereka suka banget diajakin keliling dan ketemu warga lokal. Seru pokoknya!!

Bagaimana kesibukan setelah purna tugas dari Duta Wisata?

Baca juga:  Tak Sekadar Promosi Wisata, Bantu Dongkrak Potensi Daerah

Sampai saat ini alhamdulillah masih dipercaya untuk terlibat. Kalau di Denok Kenang Kota Semarang masih aktif sebagai sekretaris umum I dan sebagai official ketika angkatan 2021 sedang bertugas dan kalau di Ikatan Mas Mbak Jawa Tengah aktif sebagai staff Divisi Sosial Pendidikan dan Budaya. 26-27 Januari 2022 berkesempatan live in dengan duta wisata se-Jawa Tengah, ngobrol-ngobrol, sharing-sharing dan jalan-jalan di Balkondes Wanurejo sekaligus Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Apa tantangan tetap terlibat event pariwisata?

Tantangannya selama terlibat dalam kegiatan tersebut jarak (kalo se-Jawa Tengah) sama kondisi sekarang yang masih dalam suasana pandemi. Jadi kami kalau mau ketemu sedikit sulit dan banyak juga daya tarik wisata yang membatasi pengunjung untuk tidak mengarah ke bagian daya tarik wisata yang riskan dengan penyebaran virus. Alhamdulillah masih bisa teratasi sedikit demi sedikit. (mg3/mg5/fth) 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya