alexametrics

Karir Moncer, Keluarga Tetap Nomor Satu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Karir Chairunnisa bisa dibilang moncer. Ia menjabat Kepala Kantor UPPD Bapenda (Samsat) Kota Pekalongan. Meski begitu, ASN Pemprov Jawa Tengah ini mengaku keluarga tetap nomor satu.  Harus benar-benar pandai dalam mengatur waktu, agar pekerjaan dan urusan rumah tangga sama-sama beres.

Bagaimana menyeimbangkan karir dan keluarga?

Saya kira keluarga tidak menjadi halangan bagi perempuan untuk berkarir. Justru bisa menjadi semangat dan motivasi. Termasuk ketika saya diberi amanah sebagai Kepala UPPD Kota Pekalongan. Bicara rintangan dan tantangan dimanapun pasti muncul. Terutama bagi perempuan, dimana harus pilih keluarga atau pekerjaan.

Belum lagi, porsi waktu bareng keluarga pasti berkurang. Tetapi itu tidak menjadi masalah. Kita harus pandai-pandai dalam mengatur waktu agar bisa seimbang. Bahkan, masih tetap bisa memberikan waktu untuk anak yang sekarang masih kelas 6 SD di Mondial Semarang.

Baca juga:  Termotivasi Film Bollywood

Apa yang memutuskan tetap berkarir?

Sejak pertama kali memutuskan berkarir saya sudah tahu resiko. Kebetulan suami juga ASN. Jadi kami tahu dan paham kesibukan masing-masing. Yang penting bagaimana bisa bareng dan bisa tetap bersama merawat anak.

Mengutip kata-kata Najwa Shihab, “Kenapa perempuan harus disuruh memilih? Bukankah kita bisa mendapatkan keduanya? Pertanyaan itu seolah-olah membuat perempuan tak berdaya. Inilah yang kemudian memberi saya motivasi.  Bisa kok seorang perempuan menjalani dua peran. Ya bekerja, berkarir dan sebagai ibu sekaligus istri yang baik.

Adakah rintangan dalam menjalani karir?

Sebenarnya banyak tantangan dalam berkarir. Bahkan tidak jarang pekerjaan kantor harus dibawa pulang. Karena sudah deadline dan harus selesai tepat waktu. Otomatis di rumah kadang kerja. Namun saya tetap menentukan prioritas. Mana dulu nih yang harus dikerjakan, rumah atau pekerjaan.

Baca juga:  Belajar Upacara Panggih lebih Bermakna dan Menyenangkan dengan Role Play

Yang terpenting bagaimana kita menjaga komunikasi yang baik dengan keluarga. Menjaga komunikasi baik dengan keluarga maupun dengan rekan kantor. Menjaga kepercayaan. Dukungan dari keluarga utamanya pasangan, itu juga jadi salah satu peran penting. Dan yang utama faktor spiritual agama. Kalau bekerja diniatkan untuk kebaikan dan tetap menjalankan peran Istri Insha allah pasti Alloh selalu bantu deh.

Hobi apa yang ditekuni?

Kalau hobi bersepeda. Biasanya bersepeda bareng keluarga atau bareng komunitas. Selain itu senang merawat bunga anggrek. Banyak koleksi di rumah.  Sebagai perempuan, tentu suka dengan keindahan. Kesibukan karir terkadang membutuhkan waktu untuk refreshing. Jadi kalau pas libur bisa sepeda bareng keluarga.

Apa target yang akan dicapai?

Baca juga:  Dituntut Memahami Karakter Tamu

Kalau berbicara target tentu ingin yang terbaik, apalagi saya mengemban amanah sebagai Kepala Kantor UPPD Bapenda (Samsat) Kota Pekalongan. Yang penting bagi saya adalah bagaimana selalu berusaha menjalani semua dengan maksimal. Urusan pekerjaan, harus selalu menjaga integritas, melaksanakan pekerjaan cerdas dan kreatif. Sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Sementara untuk keluarga yang sederhana tapi berat. Bagaimana agar bisa menjadi ibu dan istri yang baik lagi. Perempuan bisa untuk menjalankan dua peran sekaligus. Sukses berkarir dan tetap menjadi ibu dan istri yang baik dalam rumah tangga. Tinggal bagaimana kita bisa menyeimbangkan keduanya agar bisa berjalan bareng. (han/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya