alexametrics

Tingkatkan Prestasi dengan Mencintai Diri Sendiri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Kesibukan sebagai mahasiswi, tidak membuat Desta Mutiara untuk meraih segudang prestasi. Mahasiwi Universitas PGRI Semarang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini sangat konsen terhadap isu insecurities pada diri dan pentingnya mencintai diri sendiri. Salah prestasi yang dimiliki adalah Juara 2 Putri Kartini Persahabatan 2019.

Bagaimana Awal Mula Mengikuti Pemilihan Putri Kartini Persahabatan?

Awal mengikuti pemilihan karna sejak interest dengan sosok pahlawan perempuan seperti R.A Kartini. Ia perempuan yang mampu untuk menginspirasi bagi kaum perempuan. Dari situ saya tertarik mengikuti pemilihan putri kartini di kampus. Saya juga ingin bisa menginspirasi perempuan perempuan khususnya di kampus untuk tetap menjadi diri sendiri.

Apa Rintangannya selama Proses Seleksi Pemilihan Duta?

Kalo menurut saya rintangannya adalah dari melawan ketakutan atau insecurities dalam diri sendiri. Seperti apakah saya mampu? Apakah saya bisa? Karena ketika kita mengikuti sebuah kontes terlebih kontes kecantikan atau beauty pageant pasti pernah ada rasa minder.

Atau terkadang rasa tidak percaya diri ketika mengikuti proses seleksi. Mulai dari seleksi tertulis, wawancara, catwalk hingga bakat minat, maka dari itu kita harus bisa melawan rasa itu dengan percaya pada kemampuan dari dalam diri kita.

Apa Tips Setiap Mengikuti Ajang Pemilihan?

Ada beberapa Kiat-kiat atau tips yang selalu saya terapkan pada diri saya ketika saya mengikuti sebuah pemilihan. Yaitu pertama selalu bersyukur dan percaya pada diri sendiri karena semua individu di dunia ini pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Be yourself, jadi diri sendiri

Kedua Mencharge diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman dan selalu berkembang dan setidaknya bermanfaat untuk orang lain. Kemudian bertanggung jawab ketika sudah membuat keputusan dan yang tidak kalah penting selalu belajar dari pengalaman

Prestasi apa saja yang didapatkan selama ini?

Kalau prestasi ya lumayan banyak. Pernah meraih  juara 1 duta genre Kota Pemalang 2020, Juara 1 pemilihan Mas Mbak SMA N 1 Randudongkal 2018, Juara II Putri Kartini Persahabatan 2019

dan 10 besar finalis putra putri kampus 2019.

Memang tidak mudah dan membutuhkan kerja keras. Tidak boleh minder apalagi putus asa. Sebagai manusia kita harus terus bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Dan saya ingin terus menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia.

Apa Yang Diperoleh usai menjalani berbagai kompetisi?

Banyak yang didapatkan. Bahkan Alhamdulillah diundang menjadi narasumber, di acara-acara tentunya serta menambah relasi. Selain itu setelah mengikuti berbagai pemilihan bisa menerapkan 4B (Brain,Beauty,Behaviour,Brave)

Brain berarti kecerdasan. Sebagai seorang duta tidak hanya perempuan tetapi laki-laki harus mempunyai wawasan yang luas. Memprioritaskan pendidikan. Beauty adalah kecantikan. Definisi kecantikan bukan berarti harus tinggi, putih, langsing. Tetapi cantik dari luar dan dalam. Cantik sebenarnya bukan hanya fisik, tetapi cantik bisa dipakai dalam hati dan jiwa.

Behavior atau tingkah laku. Dalam hal ini, kita harus harus mempunyai attitude atau dalam bahasa jawa nya unggah ungguh. Dan yang keempat, Brave ialah Keberanian. Harus berani mengambil keputusan, berani menghadapi sesuatu, dan juga perlu keberanian dalam berpendapat dan bersuara.

Apa Harapan Untuk anak-anak milenial?

Harapannya untuk agar anak-anak milenial jangan pernah minder dan takut. Kembangkan kemampuan yang kalian punya sesuai dengan passion dan minat masing masing.

Kalau cita-cita, karena memiliki youtube yang mana berbicara tentang home decor dan beauty content, semoga bisa semakin berkembang dan bisa menjadi konten kreator yang bisa menginspirasi banyak orang. (mg20/mg16/fth)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya