alexametrics

Peduli Remaja, Suarakan Pentingnya Kesehatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Semarang, Aulia Azzumardila Adzra sangat konsen mengurangi persoalan kesehatan remaja. Jadi tak heran, jika mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang ini, getol melakukan roadshow untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya kesehatan.

Kenapa Tertarik menjadi Duta Generasi Berencana?

Duta GenRe itu bisa dibilang representasi dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), buat bantuin sosialisasi program-program ke remaja khususnya. Niatnya karena Duta GenRe itu banyak membahas mengenai materi kesehatan. Nah karena basic ku juga anak kesehatan, jadi nyambung dan tambah seneng kalo ada project.

Persoalan apa yang saat ini menjadi fokus perhatianmu sebagai Duta GenRe?

Ini yang jadi fokus sasaran kita, terutama remaja di Kota Semarang. Masalah yang penting contohnya stunting. Angka stunting di Indonesia tahun 2019 rata-rata 27,7 persen. Itu termasuk tinggi. Faktanya Indonesia peringkat empat dunia kasus stunting. Angka stunting menggambarkan status kesehatan bangsa. Target Indonesia di tahun 2024, angka stunting 14 persen, jadi setiap tahunnya harus turun 27,7 persen.

Menurutmu idealnya bagaimana generasi sekarang agar menjadi generasi yang berkualitas?

Siapkan lima masa transisi yang dilewati remaja, seperti melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat, dan mempraktekkan hidup sehat. Harus mulai dicari tahu dan rencanakan. Pokoknya kuncinya lima masa transisi itu.

Ada tiga persoalan besar yang dihadapi generasi sekarang, yakni seks bebas, pernikahan dini, dan Stunting. Bagaimana mengatasinya?

Kalo diperhatiin, ketiga masalah itu bisa berurutan. Seks bebas yang dilakukan remaja di bawah usia pernikahan (usia nikah 21 tahun untuk cewek, 25 untuk cowok) bisa berujung pernikahan dini. Nah, nikah dini menjadi salah satu faktor stunting pada generasi selanjutnya. Jadi, sebagai Duta GenRe, aku sering ngadain webinar, live instagram, kerja sama dengan ahli, roadshow ke kecamatan-kecamatan buat sosialisasi tentang masalah tersebut.

Apa Cita-Citamu sebagai Duta GenRe yang hingga kini belum terwujud?

Pengen bikin event bareng organisasi-organisasi di Kota Semarang, bikin buku buat remaja-remaja dan ketemu langsung sama temen-temen. (mg18/mg20/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya