alexametrics

Anna Maria Danu Pratiwi Kembali ke Cinta Lama di Perhotelan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Terjun ke dunia perhotelan, terutama public relations, bukan menjadi hal yang baru bagi Anna Maria Danu Pratiwi. Anna begitu ia disapa saat ini menjadi PR I/C di Hotel Santika Premiere Semarang. Saat sekolah ia sempat magang di hotel, namun setelah kuliah, dunia hotel ia tinggalkan dan memilih menjadi guru. Ibarat cinta lama belum kelar, ternyata dunia pariwisata yang penuh tantangan, membuatnya kangen akhirnya ia kembali lagi ke bekerja di hotel dan tetap menjadi guru privat di sela kesibukannya.

Bisa diceritakan awalnya terjun ke dunia perhotelan?

Dulu sekolah di SMK N 6 Semarang jurusan akomodasi perhotelan, sudah bekerja part time di beberapa hotel saat masih sekolah. Lalu kuliah S1 ambil Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, setelah lulus diterima jadi guru bahasa Inggris di SMA Krista Mitra Semarang. Nah habis itu kangen juga dunia perhotelan. Lalu saya pindah dan bekerja di Star Hotel sebagai Guest Relation Officer dan lanjut ke Best Western Premiere Batam Jadi Guest Relation Officer Supervisor, kemudian pindah ke Santika Premiere Semarang di Marketing team sampai sekarang, Jadi kurang lebih di dunia perhotelan sudah 3 tahunan.

Baca juga:  Temukan Passion di Kasidah

Ada kendala nggak terjun di dunia yang kamu geluti saat ini? 

Kendala pasti ada, tapi saya lebih menyebut sebagai proses pembelajaran untuk bisa menjadi lebih baik. Proses tidak ada yang mengkhianati hasil kan.

Terlebih dunia public relation ya, harus terus belajar tentang digital marketing, kekreatifan serta kemampuan menulis yang juga terus diasah, dan banyak hal lain terkait untuk menunjang branding awareness suatu perusahaan serta ilmu komunikasi tentunya. Yang terpenting buat aku adalah “mau dan suka” dulu.

Denger-denger jadi guru les privat, bisa diceritain nggak?

Jadi dari semenjak kuliah dulu awal semester 3 memang sudah ngelesin bahasa Inggris, dari mulai anak TK sampai SMA. Awalnya karena mau cari pengalaman aja sehingga materi di kampus bisa langsung diaplikasikan ke murid tapi ternyata seru juga. Selain dapat tambahan pemasukan kemampuan mengajar terus semakin diasah. Case by case. Singkat cerita murid pun terus bertambah karena rekomendasi dari orang tua atau murid sebelumnya. Ya jadi jadi makin semangat saja dan biasanya kalau sudah les kakaknya terus lanjut ke adiknya juga. Bahkan murid yang dulu masih SD sampai hari ini sudah SMA, masih aja les sama Miss Anna. Sama halnya dengan guest relation, public relation, guru private juga dituntut untuk bisa ilmu komunikasi serta memahami karakter murid yang berbeda juga gimana supaya bisa membuat mereka suka belajar bahasa Inggris. Di sini nih serunya.

Baca juga:  Sambut Imlek dan Valentine, Hotel Santika Premiere Tawarkan Hampers

Emang ada cita-cita jadi guru ya?

Ada sih, tapi Lebih kepada jadi guru di tempat pendidikan nonformal. Dulu pernah banget cita-cita punya tempat kursus bahasa Inggris sendiri. Basic-nya memang seneng ngomong, jadi akhirnya sekolah di jurusan keguruan karena kan berarti mengajar akan ngomong terus dan karena suka bahasa Inggris jadi lah ambil pendidikan bahasa Inggris.

Kenapa di nonformal gak jadi guru sekolah formal aja?

Karena di sekolah harus mengikuti kurikulum, kalau di tempat pendidikan nonformal bisa membuat kurikulum sendiri, mengajar sesuai dengan kebutuhan murid. Sehingga mereka akan lebih tertarik dan semangat gitu belajarnya.

Hobi kamu apa sih?

Hobinya makan dan berenang. Biar balance gitu. Koleksinya ya alat pendukung untuk olahraga berenang. Biasanya berenang minimal dua minggu sekali.  Agar tetap sehat dan segar.

Baca juga:  Karyawan Hotel Santika Premiere Semarang Sudah Divaksin

Obsesi atau cita-cita ke depan apa?

Karena seneng banget ngomong atau presentasi cita-citaku pengen banget bisa jadi pembicara atau motivator gitu, jadi bisa menginspirasi dan memberikan motivasi ke banyak orang. (den/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya