alexametrics

Punya Me Time di Sela Kesibukan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pada 2019, Kota Semarang meraih penghargaan Swastisaba Wistara dari pemerintah pusat. Swastisaba Wistara adalah penghargaan tertinggi dari pelaksanaan konsep Kota Kabupaten Sehat. Salah satu tokoh yang berjasa atas diraihnya penghargaan ini adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi. Istri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ini tak segan untuk turun ke kampung-kampung dalam mengampanyekan pola hidup bersih dan sehat untuk mempertahankan anugerah tersebut tahun ini.

Bagaimana kesibukan anda di program Kota Sehat?

Kegiatan Kota Sehat itu terdampak juga oleh pandemi karena tidak bisa turun dan pembinaan seperti dulu. Tapi kami saat ini sedang mempersiapkan untuk verifikasi di tahun 2021 ini. Nanti verifikasi akan turun data-datanya, kami sudah kumpulkan. Karena verifikasi ini melibatkan banyak dinas, ini data kami temukan lalu kami serahkan ke provinsi. Setelah lolos, tim verifikasi akan datang ke Semarang.

Bagaimana dengan kasus stunting di Semarang?

Baca juga:  Diga Safara, Syiar melalui Modeling

Saya tidak tahu jumlah pastinya saat ini. Tapi ini menjadi PR kita, di kota besar masih ada stunting meski hanya dalam jumlah yang sangat kecil. Yang menjadi perhatian kita, kok masih ada? Bagaimana mengedukasi masyarakat, dan sudah ada rumah gizi juga di Banyumanik itu juga salah satu upaya. Posyandu juga punya peran penting meski saat ini agak terhambat pandemi.

Adakah pengalaman blusukan yang berkesan?

Sebenarnya banyak. Tapi akhir-akhir ini saya bertemu dengan ibu-ibu tua di Kanjengan sana. Dengan rumah yang apa adanya. Tinggi rumahnya nggak sampai setinggi badan. Kucingnya banyak. Kanan kirinya sampah. Kita dengan dinas sosial berusaha merayu agar lansia ini mau pindah ke panti jompo. Udah usia lanjut, masih bekerja untuk membeli makan kucing. Awalnya nggak mau pindah karena mengkhawatirkan kucingnya. Tapi setelah dibujuk dan diperlihatkan kondisi panti yang jauh lebih baik dari tempat tinggalnya, akhirnya dia mau pindah.

Baca juga:  Amanda Margareth, Penulis yang Pernah Amnesia

Ada berapa organisasi yang anda ketuai? Bagaimana meng-handle semuanya?

PKK, Kota Sehat, Forum Dasawisma, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Forum Alumni Unika Soegijapranata, Jantung Sehat, Posyandu. Itu seingat saya. Untungnya saya punya teman-teman yang baik yang membantu di organisasi, jadi saya tidak fokus di satu organisasi saja.

Program unggulan apa di bidang kesehatan?

Di masa pandemi tentunya ya memprioritaskan sosialisasi covid-19 dan memikirkan bantuan yang diperlukan warga. Tapi bukan berarti melupakan yang lain. Pendampingan ibu hamil secara mandiri tetap dilakukan.

Bagaimana mengatur kehidupan pribadi di sela kesibukan?

Saya yang penting komunikasi dengan keluarga. Walaupun saya berkegiatan tapi saya tetap berkomunikasi. Itu komitmen saya dengan Pak Hendi. Tapi kita sebagai perempuan kan tetap harus punya me time, waktu untuk kita sendiri. Me time itu nggak harus ke spa, atau ke mana. Sesuaikan saja dengan kesukaan masing-masing. Kalau saya di rumah misal suami belum pulang, saya baca apa saja sambil mendengarkan musik. Terus kalau ada waktu luang ya saya luluran di rumah, perawatan diri.

Baca juga:  Temukan Passion di Kasidah

Apa yang menjadi sumber inspirasi utama?

Suami. Saya sudah sepakat dengan Pak Hendi apa yang dikerjakan itu untuk masyarakat. Saya mencoba mengikuti bagaimana peran saya sebagai ketua tim penggerak PKK. Apabila saya melihat persoalan di wilayah, maka akan saya laporkan kepada Pak Hendi. Misal ada yang sakit, butuh kursi roda, dan sebagainya. Harapan saya ya kita bisa hadir di masyarakat.

Kuncinya adalah komunikasi. Komunikasi itu penting. Tidak ada persoalan yang tidak bisa terselesaikan dengan komunikasi. Insyaallah persoalan selesai bila ada komunikasi. Kepada warga pun kami begitu, kalau ada persoalan tolong sampaikan saja ke saya atau Pak Hendi. Karena kami bukan ahli kebatinan yang bisa menerawang kondisi semua orang. Jadi perlu komunikasi. (cr1/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya