alexametrics

Titik Balik dari TikTok

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Aretha Nuri Okkyana merupakan seorang penyanyi sekaligus MC di acara pernikahan sejak tahun 2016. Dara ayu kelahiran Semarang, 18 Oktober 1996 ini sudah membuka bisnis penyedia jasa MC dan band untuk pernikahan yang diberi nama Arethano Entertainment.  Sosoknya sempat viral di TikTok hingga mendapatkan lebih dari 172 ribu pengikut.

Bagaimana awal mula kamu menjadi MC sekaligus penyanyi di acara pernikahan?

Sebenarnya dari awal itu aku memang udah suka nyanyi dari kecil, dari TK. Suka ikut lomba, ikut kompetisi macam-macam, terus beranjak SMA lalu kuliah ikut paduan suara di Undip. Lalu untuk pertama kalinya aku ikut nyanyi di event karena emang diajakin aja untuk nyanyi di acara-acara gitu. Titik baliknya adalah ketika aku menang lomba juara 1 Bintang Radio RRI Semarang tahun 2016 dan aku masuk 15 besar Bintang Radio nasional. Dari situ karir aku mulai lebih baik dari sebelumnya dan makin dikenal sama semua orang. Terus yang awalnya cuma nyanyi di event, beralih jadi nyanyi di wedding.

Kemudian setelah sekian lama menjadi MC wedding, dan menjadi penyanyi juga, aku kepikiran lah untuk membuat satu branding buat bandku sendiri yaitu Arethano Entertainment. Jadi itu bisa mengakomodasi teman-teman atau klien yang ingin aku jadi MC atau penyanyi di acara mereka. Mereka jadi bisa melihat portofolio aku di Arethano Entertainment. Alhamdulillah sambutannya baik, apalagi Arethano Entertainment ini adalah usaha aku yang pure mengandalkan sosial media.

Baca juga:  Bangun Keselarasan Kodrati dan Saling Memahami

Bagaimana sosial media bisa menjadi sarana pemasaran kamu?

Jadi dari awal aku mendapatkan klien itu bener-bener pure dari Instagram. Mereka cari aku lewat hastag, kemudian berkembang jadi menemukan aku lewat rekomendasi partner band atau wedding organizer yang pernah pakai jasa aku. Namun memang yang paling berpengaruh hingga saat ini itu dari sosial media. Apalagi akhir-akhir ini aku alhamdulillah-nya, viral beberapa kali di TikTok sampai aku sekarang followernya sudah lebih dari 172 ribu di TikTok dan di Instagram juga 10 ribu lebih.

Apakah dengan viralnya kamu di TikTok cukup bisa melancarkan bisnismu?

Hal itu malah menjadi titik balik aku berikutnya setelah aku menang lomba dan buka Arethano Entertainment. Sebab aku sering banget viral di TikTok itu jadinya klien aku tidak terbatas di Semarang dan Jawa Tengah lagi tetapi sudah berkembang hingga ke luar Jawa.

Baca juga:  Tetap Produktif saat Pandemi

Hal apa yang paling kamu senangi setelah menjadi penyanyi di acara pernikahan hingga membuka bisnis jasa sendiri?

Aku tuh seneng banget nyanyi dan ternyata aku punya kesempatan untuk menjadikan hobi aku ini menjadi sebuah profesi yang bermanfaat buat banyak orang. Jadi nggak cuma bermanfaat untuk diriku tetapi juga pastinya orang-orang di sekitarku yang meminta jasaku, teman-teman band aku. Jadi alhamdulillah ini bukan hanya sekadar pekerjaan tapi memang hobiku yang menghasilkan dan mudah-mudahan bisa membawa manfaat untuk orang banyak.

Bagaimana pekerjaanmu selama pandemi?

Arethano Entertainment sendiri sudah menerapkan konsep new normal wedding. Itu adalah suatu konsep di mana kita bisa enjoy the party, enjoy the show, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yang ada seperti membatasi pemain dan orang yang terlibat dengan band kita. Jadi istilahnya kita meyakinkan klien kalau meskipun formatnya sedikit dan tetap mematuhi protokol kesehatan, tapi kita tetap bisa membuat event itu meriah, pecah, bikin heboh, sehingga tamu yang hadir bisa menikmati pertunjukannya.

Baca juga:  Selalu Pulang Bawa Medali

Pengalaman apa yang paling berkesan untukmu ketika menjadi MC dan penyanyi?

Aku sangat terkesan ketika aku nyanyi dan MC di acara yang memberiku kesempatan untuk bertemu langsung dengan pejabat pemerintahan, dengan kepolisian, atau dengan korporasi tertentu. Karena pengalaman-pengalaman ketika aku bertemu dengan orang-orang yang berada di lingkungan tersebut justru membuat aku makin bisa eksplor diriku dan bandku. Sehingga ke depannya kita bisa menampilkan yang terbaik untuk klien kita selanjutnya. Sebab dalam acara yang diadakan oleh korporasi ada berbagai macam audiens, harus bisa menguasai berbagai macam lagu, harus bisa menghibur penonton. Soalnya menghibur penjabat itu kan bukan hal yang mudah. Dengan adanya pengalaman itu insya allah ke depannya kita siap menghadapi klien apapun di situasi apapun. (mg1/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya