alexametrics

Meski Serba Ketan, Satukan Burjo dan Warmindo

Burketsu adalah burjo, ketan, dan susu. Burketsu sekarang ada dua di Gunungpati dan Tembalang. Mengusung konsep bukan burjo biasa, menyatukan burjo dan warmindo.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KETIKA masuk ke dalam kafe Burketsu ini identik dengan kursi kayu. Awal membuka kafe di Tembalang tahun 2018. Bersama tiga temannya ketika menjadi mahasiswa Teknik Sipil Undip angkatan 2013. “Kami mikir jangan membebani orang tua dan jangan beban mereka dengan biaya kuliah,” kata pengelola Burketsu Ridho Fauzan Aziz, 25.

Dimulai oleh dua orang yakni, Rio dan Bobi. Pada saat itu, burjo di Tembalang sangat merebak, seperti Burjo Holic dan Burjo Doa Ibu yang tak tergantikan. Apalagi wilayahnya dekat dengan kampus.

Awalnya berpikir menyatukan burjo dan warmindo. Yakni mengusung menu mi, nasi telur, ayam, dan ketan. Burketsu mengambil ketan putih, bukan ketan hitam. “Kami berasal dari Jabodetabek yang ciri khasnya ketan. Akhirnya kami mengacu nama ketan,” jelasnya.

Ciri khas itu diwujudkan di logonya berupa gambar ketan mangga sehingga mendapatkan hati mahasiswa di Tembalang. Mereka yakin, menjual produk yang enak dan mendapatkan hati di kalangan muda-mudi, khususnya di kalangan mahasiswa.

Burketsu ini secara umum mengusung konsep wadah untuk semua orang mau ngapain saja. “Biasanya orang mau ke tempat bagus ke coffee shop, maka kami buat burjo yang bagus,” kata Ridho Fauzan Aziz.

Baca juga:  Sport Tourism di Kendal Belum Berjalan Maksimal, Butuh Perhatian Pemkab

Buketsu memiliki kapasitas 100 orang, kadang bisa dibuat tempat rapat. Selain itu, pernah disewa untuk foto katalog sekolah. “Kami juga support acara kampus, dengan arsiteknya ramah listrik. Kalau siang kan sudah terang banget,” jelasnya.

Pada tahun 2022, Burketsu membuka cabang lagi di Gunungpati, beberapa meter dari kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). Buka mulai pukul 10.00 sampai 24.00. Menawarkan makanan yang berciri khas ketan, minuman yang kekinian, dan ada Live Music pada hari Jumat sampai Minggu. Menyasar kalangan mahasiswa.

Sangat ramah untuk mahasiswa, seperti wifi gratis, lahan yang tidak mepet, dan suasana yang nyaman. Ramainya dari pukul 12.00 sampai 14.00 ketika makan siang. Dan pukul 19.00 sampai tutup. Selain itu, hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, ada live music. “Dari pukul 19.30 sampai 24.00. Kami menyediakan alat musiknya juga,” jelasnya.

Baca juga:  Ikhsanuddin, Sarjana Matematika yang Sukses Kembangkan Stroberi California

Burketsu mempunyai menu andalan ketan susu mangga. Namun, Burketsu Gunungpati menambahkan menu minuman, yakni boba. “Untuk menu andalannya Ketan Spesial Mangga, kami tambahkan ada Ketan Spesial Keju Boba,” katanya.

Selain itu, ada rekomendasi lainnya seperti Roti Bakar Asin Burketsu, Roti Bakar Manis Burketsu. Bahkan, Burketsu menambahkan makanan yang tidak ada di burjo, seperti Nasi Cumi Mercon dan Nasi Ceker Mercon. “Kami inovasi, jadi tidak hanya nasi ayam, telur, mi saja seperti burjo pada umumnya,” jelasnya.

Selain itu, minuman andalan dari Burketsu adalah Ovaltine Keju Boba. Harganya cukup murah untuk kantong mahasiswa. “Sedangkan untuk minumannya yang paling mahal itu ovaltine keju boba,” katanya.

Makanan yang paling digemari pelanggan adalah Ayam Bali, Ayam Sambal Mentah, dan Mi Dokdok. “Itu best seller. Yang banyak disukai orang-orang itu nasi,” katanya.

Koran Jawa Pos Radar Semarang sempat mencicipi satu porsi Ketan Spesial Mangga dan Ovaltine Keju Boba. Untuk Ketan Spesial Mangga, ketannya benar-benar lembut, rasa keju dan saus mangganya benar-benar terasa mangga, keju, dan susunya. Untuk Ovaltine Keju Boba, parutan kejunya benar-benar banyak, rasa manis yang pas dan cream berasa coklat dari Ovaltine benar-benar enak.

Baca juga:  Galang Modal Usaha Lewat Crowdfunding, Bagi Hasil Tiap Enam Bulan

Ketika soft opening, Burketsu membuka promosi dengan membagikan 100 porsi gratis. “Karena kami pendatang baru, kami bagikan satu makanan dan satu minuman gratis pada hari itu juga,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Jumat (18/3).

Selain itu, ada promo diskon 50 persen untuk pembayaran melalui Bank Mandiri sampai Juni. “Kami juga ada promo rolasan untuk pukul 12 siang sampai pukul 2 siang itu free es teh. Promonya sampai akhir bulan ini,” jelasnya.

Koran ini sempat bertemu dengan pelaggan Burketsu, Dondi dan Gema yang merupakan mahasiswa Unnes. “Kami sarapan sekaligus ngobrol tentang kuliah,” ungkap Dondi.

Dondi memesan Ketan Keju Boba dan air mineral. Sedangkan Gema memesan Nasi Ayam Sambal Burketsu. “Tempat ini sangat nyaman, bersih, dan luas. Fasilitasnya lengkap dan makanannya enak,” ujar mahasiswa Unnes. (fgr/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya