alexametrics

Kamar Super Mewah, Ada Tamu Youtuber Rela Bayar Rp 48 Juta Semalam

Melongok Presidential Suite Room Hotel di Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Menyambut kedatangan tamu penting tentu perlu persiapan istimewa. Begitu pula dengan mempersiapkan kamar hotel khusus bagi tamu kenegaraan atau tamu VIP lainnya. Beberapa hotel bintang lima di Kota Semarang menyediakan kamar presidential suite bagi para tamu spesial yang didesain dengan ukuran luas dan fasilitas istimewa. Tipe kamar ini biasanya yang paling tinggi yang tersedia di hotel tersebut. Ada pula yang disertai kamar tambahan untuk ajudan atau anggota rombongan.

Tak seperti namanya, presidential suite room ini tidak hanya boleh ditinggali oleh presiden saja. Siapa pun bebas memesan kamar tersebut asal mampu membayar dengan harga selangit. Untuk sehari semalam kamar tipe presiden di Hotel Tentrem Semarang dibanderol harga Rp 36.300.000. Fasilitasnya tentu saja berbeda dengan kamar deluxe atau biasa yang hanya Rp 1,5 juta per malam.

Saat koran ini tiba di Hotel Tentrem Semarang, interior lift hingga lobi terlihat sangat mewah. Akses masuk pun hanya dapat menggunakan kartu bagi tamu atau pegawai. Selain itu, orang yang datang hanya bisa pergi ke lobi menggunakan lift.

Public Relation Manager Tentrem Hotel Semarang Arthur Situmeang menyapa dengan ramah di lobi hotel. Lalu mengantarkan koran ini melihat kamar presidential suite room satu-satunya di Hotel Tentrem Semarang. Kamar super istimewa itu terletak di lantai 19.

Setibanya di lantai 19, koran ini dihadapkan executive lounge. Ruang makan eksekutif itu hanya dapat diakses, dan dinikmati oleh tamu yang menginap di lantai 19 saja. Termasuk tamu di kamar tipe presiden. Sedangkan tamu biasa hanya dapat makan dan ngopi di Kayu Manis Resto lantai 16.

“Nggak banyak tamu yang nginep di kamar ini. Paling sebulan sekali ada tamu yang pesan,” jelas Arthur kepada Jawa Pos Radar Semarang sembari membuka pintu kamar menggunakan kartu.

Meski dibanderol dengan harga selangit, presidential suite room tetap memiliki tamu rutin. Sebagian yang pernah menginap adalah para konglomerat pengusaha kaya yang punya urusan bisnis di Semarang. Selain itu, rombongan keluarga yang datang berlibur juga ada.

“Terakhir pas Natal lalu ada sekeluarga yang nginep dua hari di sini,” akunya.

Saat itu, menurut cerita Arthur, harga kamar sedang naik hingga Rp 48 juta. Tapi tamu itu tanpa ragu memesan untuk dua malam, dan segera dilunasi untuk booking. Setelah tiba di lokasi, diketahui keluarga tersebut adalah pasangan Youtuber. Mereka membawa dua orang asisten yang menginap di kamar deluxe di sebelahnya.

Memasuki kamar presidential suite room seperti memasuki ruang apartemen mewah. Luasnya 200 meter persegi. Ruang tersebut menyediakan segala kebutuhan tamu. Tepat di sebelah kiri setelah pintu masuk terdapat toilet. Lalu di sebelah kiri, ada ruang tamu dilengkapi sofa letter U dengan layar LED 65 inchi.

Baca juga:  Pensiun dari PNS, Nur Hadi Sukses Dirikan Sekolah, Bertani dan Beternak

“Kalau ini ruang makan yang bisa juga untuk private meeting bila tamu mau ngajak teman-temannya ke sini,” jelas Arthur sembari menunjuk dining room di sebelah kanan.

Ruang makan dengan meja oval besar mampu menampung belasan orang. Letaknya menghadap luar ruangan hingga dapat langsung menikmati pemandangan Kota Semarang. Peralatan makan juga sudah tertata rapi di atas meja dengan sangat estetik.

Di sebelah ruang makan terdapat dapur kecil bila tamu ingin memasak masakan sederhana. Dapur tersebut juga memiliki pantry bila perlu ruangan untuk menyiapkan makanan. Di pinggir jendela terdapat kursi pijat otomatis yang dapat digunakan tamu yang menginap di kamar super mewah ini.

Semua interior identik berwarna emas dan hitam. Lampu berwarna kuning untuk memberi kesan mewah dan elegan. Sebagian perabotan juga terbuat dari kayu dan keramik mewah. Berjalan sekitar 50 meter ke kanan, akan sampai di kamar tidur.

Menurut pengakuan Arthur, kamar presidential suite room memiliki kasur paling besar di hotel itu. Ukurannya sekitar 2,8 meter. Di kamar tidur juga ada layar LED 55 inchi dan meja kerja yang dilengkapi printer di pojok kanan ruangan. Tamu dapat melihat pemandangan kota di sebelah kiri kamar tidur.

Lalu yang sangat membedakan adalah desain kamar mandi yang luas dan canggih. Kloset toiletnya memiliki sensor. Untuk menyiram dan kebutuhan lainnya hanya perlu menyentuh layar di sebelah kanannya. Tak perlu banyak menggerakkan tenaga.

“Ini kaca di toilet juga bisa otomatis buram bila ditekan tombolnya saat toilet atau shower mau dipakai. Jadi, orang di luar toilet nggak bisa lihat ke dalam, sedangkan pengguna toilet bisa lihat siapa yang di luar,” jelasnya.

Di kamar mandi yang sangat luas itu terdapat bathtub, wastafel, wardrobe lemari pakaian, dan cermin besar. Ruangannya luas memanjang.

Keistimewaan tamu kamar tipe presiden adalah memiliki buttler atau pelayan yang siap melayani segala kebutuhan tamu selama 24 jam.

Supervisor Executive Lounge Hotel Tentrem Semarang Eko mengaku memiliki pengalaman menarik saat melayani tamu kamar tipe presiden. “Pernah ada yang minta makan wagyu (daging sapi premium) dalam waktu setengah jam harus siap. Sedangkan kita nggak ready, dan harus nyari dulu. Sampai sempet bingung cari ke sana kemari, akhirnya dapet,” ceritanya.

Baca juga:  Mati Urip Neng Omah Kene, Ora Nduwe Tonggo Ora Opo-opo

Selain itu, ia pernah mengalami permintaan perubahan menu makan pagi oleh tamu secara mendadak. Saat jam makan pagi pukul 07.00 makanan tengah disiapkan. Tiba-tiba tamu meminta menu lain untuk makan pagi. Hanya dalam setengah jam, timnya harus menyiapkan permintaan tamu. “Ya di situ tantangannya,” ucapnya.

Apapun yang diinginkan tamu akan diupayakan oleh pihak hotel. Untuk makan sudah termasuk harga di dalamnya. Tamu bebas memesan menu makanan atau minuman apapun. Sedangkan di sore hari mereka diberi evening cocktail di executive lounge.

Artur mengakui, pandemi tidak begitu berdampak pada tarif hotel. Mengingat Hotel Tentrem Semarang sendiri dibuka tahun lalu saat pandemi Covid-19 masih mewabah, dan tetap beroperasi seperti biasa. Menurut penjelasannya, tarif hotel mengikuti musim dan tren. Kedua tamu Youtuber membuktikan bahwa harga kamar hotel yang naik pun tak mempengaruhi tamu yang memesan.

Diakui, belum ada public figure atau pejabat yang menginap di kamar itu, karena hotel masih tergolong baru. “Paling jauh tamu di kamar presidential suite room datang dari Surabaya dan Jakarta. Sedangkan manca negara belum pernah karena di tengah kondisi Covid-19,” katanya.

Pandemi, Sebulan hanya Satu Pemesan

Pandemi Covid-19 menjadi pukulan berat bagi pelaku bisnis perhotelan. Rata-rata okupansi atau tingkat kerisian tamu hotel merosot tajam. Apalagi pada awal pandemi. Bahkan tak sedikit hotel di Kota Semarang tutup sementara.

Sales Manager Gumaya Tower Hotel Semarang Anjar Kusuma mengaku okupansi sempat turun drastis saat awal pandemi 2020. Hampir merata pada semua jenis kamar. Namun ada satu jenis kamar yang menurutnya mengalami dampak relatif sedikit dengan adanya pandemi. Yakni, Presidential Suite Room. Kamar jenis tersebut merupakan yang paling mewah yang ada di sebuah hotel. Seperti di Gumaya Tower  Hotel sendiri, berbagai fasilitas ditawarkan. Luas kamar President Suite mencapai 260 meter persegi atau seluas rumah. Letaknya di lantai 17. Dilengkapi kamar tidur untuk pejabat dan petugas protokoler, toilet modern, dan segala kemudahan lainnya.

“Selain itu, untuk menggunakan fasilitas di kamar ini seperti menyalakan listrik, membuka jendela, dan lainnya, sudah menggunakan remote,” ujar Anjar Kusuma kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Tentu saja dengan kelengkapan fasilitas yang ada, tamu yang menginap di kamar ini harus membayar dengan harga yang tidak murah. “Di Gumaya Hotel tarif President Suite sebesar Rp 20 juta per malam,” katanya.

Dengan harga tersebut, praktis sangat jarang orang memesan kamar tersebut. Hanya para tamu VIP sekelas presiden, menteri, dan setaraf lainnya yang memang memiliki budget lebih untuk memesan kamar tersebut. Dan semakin jarang sebuah kamar dipesan, maka semakin sedikit biaya perawatan. Mengingat tidak banyak potensi kerusakan yang terjadi. Hal inilah yang menyebabkan kamar President Suite tidak terlalu terdampak besar oleh pandemi. “Dari sebelum pandemi pemesanan kamar tersebut memang terbatas. Jadi, adanya pandemi ya tidak berdampak signifikan,” ujarnya.

Baca juga:  50 Kampung Tematik Kurang Berkembang

Dikatakan, biasanya dalam sebulan, sebelum ada pandemi pemesanan President Suite di Gumaya Tower Hotel bisa mencapai empat kali. Namun saat pandemi, sebulan sekali saja sudah sangat bagus. Tamu terakhir yang menginap di President Suite adalah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

“Kalau sebelum-sebelumnya, Presiden Jokowi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, Kapolri, Menteri dan lainnya juga pernah menginap. Sisanya tamu wedding yang menginap,” katanya.

Berbeda dengan Gumaya Tower Hotel, nasib President Suite di Hotel Ciputra Semarang sedikit kurang baik. Dampak pandemi sangat terasa pada pemesanan kamar tersebut.

Public Relation Hotel Ciputra Semarang Shela Tiara menjelaskan, Hotel Ciputra Semarang memiliki satu kamar President Suite. Kamar di lantai 9 ini memiliki fasilitas utama berupa ruang tidur utama, ruang tamu, ruang pertemuan kecil, balkon menghadap Lapangan Simpang Lima, dan kamar pendamping. Berbeda dengan Gumaya Tower Hotel yang menetapkan tarif hingga puluhan juta, President Suite di Hotel Ciputra Semarang lebih terjangkau. Yakni, di kisaran Rp 7 juta per malam.

“Untuk tamu yang datang biasanya VIP. Misalnya dulu Bu Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah menginap di sini, terus ada tamu wedding juga,” ujarnya.

Shela mengaku, sebelum pandemi setiap akhir pekan kamar tersebut pasti sudah ada yang memesan. Namun saat pandemi, sebulan mungkin hanya ada satu pemesan. Akibatnya, untuk lebih menarik minat kunjungan, saat ini harga Presiden Suite pun menjadi lebih fleksibel. Yakni, di kisaran Rp 5,5 juta per malam.

“Kebetulan kami lagi ada promo gabungan dengan member kita (Swissbel Executive Member). Jadi, buat yang stay di President Suite ini bisa langsung jadi member hotel dengan harga Rp 5,5 juta per malamnya,” katanya.

Terkait perawatan kamar tersebut, pihaknya mengaku tetap rutin menjaga kebersihan. Sehingga sampai saat ini kondisinya masih prima. Selain itu, jaminan bebas Covid-19 juga dilakukan. Salah satunya dengan menempel segel di pintu sebagai tanda bahwa kamar tersebut aman dan telah terdesinfektan. “Tapi kita tidak memungkiri juga, pernah kita tutup satu lantai yang ada President Suite-nya dengan harapan mengurangi cost yang timbul,” ujarnya. (cr1/akm/aro)

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya