alexametrics

Orang Tua Pegang Kunci Sukses PJJ

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Sejak Maret 2020 aktifitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi pilihan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Menurut dosen Program Studi Bahasa Inggris FKIP Universitas Tidar (Untidar) Dr. Farikah, M.Pd pendidikan daring ini memiliki dampak positif dan negatif.

Dampak positif belajar daring kata dia bisa mengajarkan anak menjadi lebih mandiri serta mengenalkan teknologi agar tidak gaptek. “Namun tetap berada dalam pengawasan orang tua,” jelas Farikah kepada wartawan koran ini.

Sedangkan dampak negatif pembelajaran daring dapat mengakibatkan risiko kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar pada siswa (lost learning). Karena anak-anak saat belajar di rumah tidak terkondisikan dengan baik. Menurutnya pembelajaran daring ini yang berkontribusi besar adalah orang tua dan lingkungan belajarnya.

Baca juga:  Meningkatkan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa Indonesia dengan Schoology

“Peran orang tua menjadi kunci dalam membantu dan mengarahkan anak dalam pembelajaran daring. Seperti memberikan semangat dan selalu mensupport anak,” ucapnya.

Farikah menambahkan pendampingan orang tua serta lingkungan yang mendukung menjadi faktor pembelajaran daring bisa efektif atau tidak. Apalagi ketika di rumah yang membentuk sifat, sikap, watak, dan perilaku adalah keluarga.

Jika orang tua bisa menanamkan sikap disiplin, pasti anak akan tahu dan bisa membagi waktu antara belajar dan istirahat. “Membiasakan diri dan mengajarkan anak untuk disiplin waktu menjadi kunci pembelajaran daring bisa menjadi efektif,” ujarnya.

Farikah mengakui selama PJJ, terjadi penurunan persepsi kualitas pembelajaran di sekolah. Terutama anak-anak usia SD. Untuk mengatasi hal ini, perlu komunikasi dari guru ke orang tua anak. Selain memberikan pembelajaran ke anak, guru juga harus memberikan masukan dan arahan kepada orang tua. Perlu diingat, sistem pembelajaran yang didapat selama PJJ jangan ditinggalkan. Pembelajaran sekarang guru juga harus kreatif. (rfk/lis)

Baca juga:  Penilaian Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daily Journal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya