alexametrics

Ketep Pass Berbenah, Punthuk Setumbu Hias dengan Pernik Lebaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Menyambut libur Hari Raya Idul Fitri, daya tarik wisata milik Pemkab Magelang Ketep Pass optimistis ramai dikunjungi. Meskipun nantinya wisatawan hanya akan didominasi wisatawan lokal Magelang.

Hal ini mengingat adanya larangan mudik dari pemerintah. Pasalnya, menurut Kabag Pemasaran dan Promosi Ketep Pass Edwar Alfian, di masa libur Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya Ketep Pass bisa dikunjungi 3.000 hingga 5.000 orang per hari.

Untuk menyambut wisatawan di masa libur Lebaran ini, objek wisata yang terletak di Kecamatan Sawangan ini pun sudah mulai berbenah sejak jauh hari. Misalnya memperbaiki gapura beberapa waktu lalu. Kata Alfian, spot selfie juga akan diperbaiki agar ada sentuhan baru ketika lebaran. Pihaknya merencanakan suatu kejutan ketika Lebaran.

Baca juga:  Balon Udara Diperbolehkan, Asal Ditambatkan

“Intinya di setiap fasilitas akan kami optimalkan untuk melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan pemandangan alam di sekitarnya,” ujar Edwar Alfian kepada Jawa Pos Radar Magelang, Senin (12/4) siang.

Biasanya, ketika libur Idul Fitri, Edwar dan jajarannya menjalin kerja sama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang untuk mengadakan pentas. Hanya saja, di masa pandemi Covid-19 mereka belum berani mengadakan pementasan. “Namun terkait acara, akan kami komunikasikan lagi,” tuturnya.

Edwar juga mengatakan pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan penarapan protokol kesehatan (prokes). Katanya, prokes yang menjadi standar pedoman cleaniless, health, safety, and environment sustainability (CHSE) tidak bisa ditawar.

Baca juga:  Haul Syekh Subakir Hanya Dihadiri 30 Orang

“Kami berharap apa yang kami upayakan tidak menjadi klaster baru di lokasi wisata,” tegasnya. Kemudian terkait  kapasitas, Ketep Pass tetap menetapkan batas maksimal 50 persen dari kapasitas total sebanyak 5.000. Apabila terjadi ledakan jumlah pengunjung, pihak pengelola akan mengarahkan pengunjung transit ke wisata penyangga. Misalnya, ke Air Terjun Kedung Kayang, atau Top Selfie Kragilan.

“Banyak juga wisata kulilner. Jadi nanti sambil menunggu pembatasan pengunjung dalam area, mereka bisa kulineran di sekitar Ketep Pass,” kata Edwar.

Berbeda dengan Ketep Pass, objek wisata Punthuk Setumbu di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, masih belum membikin persiapan khusus. Hingga kini, aktivitas wisata di sana pun masih berjalan biasa.

Baca juga:  Selundupkan Burung dalam Semangka

“Paling nanti kami hanya menghiasi beberapa titik dengan pernak-pernik Idul Fitri,” ujar Anis Rifa’i, kepala Pemasaran Punthuk Setumbu.

Namun, Punthuk Setumbu akan tetap mengikuti arahan pemerintah.  Mereka juga tetap berharap Punthuk Setumbu di libur Idul  Fitri tahun ini akan lebih ramai. Sehingga, bisa menggerakkan perekonomian warga setempat. (rhy/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya