alexametrics

Trik Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa

Oleh :Tri Doyo Saktiyono, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semua guru mengetahui proses pembelajaran adalah segala kegiatan yang dilakukan guru untuk membantu siswa dalam pencapaian tujuan belajar. Dalam pembelajaran, siswa dianggap telah belajar apabila tujuan pelajaran yang dirumuskan dapat dikuasai siswa. Jadi, pembelajaran adalah segala kegiatan yang dilakukan guru memudahkan siswa mencapai tujuan yang ditetapkan.

Tugas guru adalah mengelola materi dan metode pembelajaran, diagnosis kebutuhan dan kemampuan siswa, serta mengelola kegiatan belajar di kelas. Dengan adanya keragaman materi, kebutuhan dan kemampuan siswa, maka diperlukan variasi metode pembelajaran.

Banyak siswa kurang merespon materi pelajaran karena metode penyajian materi terkesan monoton. Hal itu disebabkan berbagai faktor. Yaitu faktor lemahnya kognitif siswa, proses pembelajaran kurang variasi, materi pelajaran tidak menarik perhatian siswa dan kondisi siswa sudah lelah karena pada jam terakhir.

Baca juga:  Suami Suka Foya-Foya Keluarga Berantakan

Proses pembelajaran akan berhasil jika siswa mempunyai motivasi kuat belajar. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk memperoleh hasil belajar optimal, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa. Sehingga terbentuk perilaku belajar siswa yang efektif.

Menurut Benyamin Bloom sebagaimana dikutip W.S. Winkel (1991 : 115), kualitas pengajaran sangat bergantung cara menyajikan materi. Selain itu, bagaimana cara guru menggunakan peneguhan, mengaktifkan siswa supaya berpartisipasi, merasa terlibat dalam proses belajar, dan bagaimana cara guru memberikan informasi kepada siswa tentang keberhasilan mereka. Semua itu menuntut keterampilan didaktik guru.

Guru perlu menyiapkan strategi agar kompetisi di kelas berjalan baik. Penulis menerapkan beberapa strategi supaya peserta didik termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Diantaranya Pertama, menerapkan pembelajaran, bermain sambil belajar. Kedua, Menggunakan media Pembelajaran. Jika media baru dan unik, past respon dan tingkat perhatian siswa lebih besar. Ketiga, mendesain suatu pembelajaran dimana siswa belajar namun seolah-olah mereka sedang bermain-main. Keempat, variasi model, dan metode pembelajaran. Kelima, pemberian reward. Hadiah dalam bentuk apapun pasti akan membuat siswa senang dan bangga. Keenam, bersuara lebih keras. Kadang suasana kelas ribut.

Baca juga:  Pohon Harapan Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dalam situasi seperti ini, guru bisa berinisiatif mengeluarkan suara lebih keras. Ketujuh, memberikan pertanyaan yang membuat siswa penasaran. Perhatian siswa akan muncul ketika mereka dihadapkan sesuatu yang membuat mereka merasa penasaran. Kedelapan, bernyanyi bersama. Siswa biasanya suka bernyanyi, sehingga ketika diselipkan nyanyian pasti siswa antusias mengikuti kegiatan pembelajaran.

Tujuan utama penulis dalam menerapkan trik di atas sebagai upaya pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang ke dalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu. Hasilnya, peserta didik kelas IV SDN 02 Bligorejo selalu bersemangat dalam mengikuti pelajaran setiap hari. (cd4/fth)

Guru Kelas IV SDN 02 Bligorejo Kec. Doro Kab. Pekalongan

Baca juga:  Lady Minta Cerai setelah Suami Digerebek Warga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya